Harus Rela Bersabar, Untuk Lotek Makyus

0
236

Pemalang, Harian Pemalang – Kalau membahas tentang kuliner Pemalang, lotek merupakan hal biasa bagi masyarakat Pemalang, bahkan lontek juga banyak di jumpai di berbagai daerah dan wilayah khususnya di Jateng dan DIY.

Banyak warung lotek di yogya yang terkenal, pengunjung antri untuk membelinya, sehingga dengan menggunakan layah watu yang besar dapat lagsung melayani 10 sampai 15 porsi sekaligus, bahkan lebih. Akan tetapi komentar orang pemalang lotek seperti itu kurang sedep dan kurang luget bumbunya.

Anda yang berasal dari luar pemalang atau sudah lama tidak berkunjung ke Pemalang, apabila pesan lotek pemalang harus bersiap untuk bersabar.

Kebanyakan Pedagang lotek pemalang akan melayani anda secara personal, artinya anda akan di buatkan lotek sesuai dengan pesanan anda. Lotek dibuat per porsi, kalaupun pesan banyak akan dilayani maksimal 2 porsi per pembuatannya. Apabila anda pesan 10 bungkus, per penyajian 2 bungkus yang memakan waktu sekitar 5 menit sampai 6 menit maka anda akan menunggu sekitar 30 menit baru selesai pesanannya.

Alasan yang mendasar, pedagang lotek akan menjaga kualitas kelezatan, kelugetan bumbu dan ke”sedep”an masakannya. Dimana bahan utama kacang tanah, akan di uleg langsung tanpa di blender atau di tumbuk setengah jadi, hal ini untuk menjaga agar minyak di kacang langsung diserap oleh bahan loteknya.

Maryati, salah satu pedagang lotek, ketika di singguh kenapa tidak mau melayani pembeli langsung dalam jumlah porsi yang banyak dengan mengunakan layah/cobek yang besar. Menurut dia apabila melayani lebih dari dua porsi, dia kuatir bumbunya tidak merata di setiap bahannya dan kata pembelinya kurang “sedep”. Maka mau tidak mau pembeli harus bersabar untuk mendapatkan lotek yang makyus.
Ayo berkunjung ke Pemalang. (Red.HP/sarwo edy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

10 + 13 =