Kuliner Pemalangan : Tahu Plethok Khas Randudongkal

Tahu plethok, kuliner khas Pemalang

0
600

Pemalang, Harian Pemalang – Tahu, ya olahan makanan dari bahan baku kedelai sudah di kenal luas oleh masyarakat Indonesia. Beberapa daerahpun punya kekhasan kuliner yang berbahan dasar kedelai ini.

Pemalang, terutama di Kecamatan Randudongkal, di desa Karangmoncol terdapat kuliner tahu khas Pemalang yaitu Tahu Pletok. Kenapa dinamakan tahu plethok? nama ini diambil dari cara pembuatannya yaitu tahu sebelum diolah di “plethok” dulu atau dengan cara tahu dibelah menjadi dua bagian, kemudian ditambah dengan bumbu rempah baru digoreng sampai kering dan gurih.

Terasa ada yang kurang jika berkunjung ke Pemalang terutama ke daerah selatan Pemalang, tanpa mencicipi dan membawa pulang cemilan khas Pemalang ini. Rasa cemillan ini pas untuk siapa saja, cita rasa gurih, asin dan rasa tahu yang maknyus cocok disantap di segala suasana. apalagi disantap dengan cabai akan menambah rasa tahu plethok ini.

Harga tahu plethok ini ekonomis, terjangkau dikantong, hanya dengan uang Rp.10.000 sudah mendapatkan 1 besek (wadah dari anyaman bambu) tahu plethok.

Anda tertarik, ayo melancong ke Pemalang, nikmati kuliner, wisata alam dan air. (Red.HP/kiriman Lukman Mei Widitya)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × five =