Sambut Pergantian Tahun Di Puncak Gunung Slamet

0
72
Persiapan pendakian gunung Slamet lewat jalur pendakian Penakir, sambut Pergantian tahun 2017/2018

Pemalang, Harian Pemalang – Pergantian Tahun ke 2018   disambut antusias oleh berbagai masyarakat baik dewasa maupun anak anak, salah satunya  Daffa Satrio Putra (3,5 tahun) bersama kakaknya  Deni (25 tahun) Warga dusun pancuran Desa Nyalembeng Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang Mereka ingin naik  ke  puncak  Gunung Slamet untuk  merayakan  malam  pergantian  tahun  di  puncak  Gunung Slamet. Selain Daffa Ada Juga Anak Anak Kecil Dari Warga Desa Penakir Baik Yang Berumur 3 tahun , 7 tahun , serta  12 Tahun Yang Ikut Dalam Kegiatan Camp Ceria Di Bukit Igir Petis Atau Pos 1 Pendakian Gunung Slamet Jalur Desa Penakir

Sikin Tokoh Pemuda Sekaligus Panitia Kegiatan Camp Ceria Desa Penakir Kecamatan Pulosari  mengatakan  Bahwa  Kegiatan Camp Ceria Di Bukit Igir Petis Atau Pos 1 Pendakian Gunung Slamet Jalur Desa Penakir merupakan salah satu kegiatan Bagi Masyarakat Yang Ingin Menyambut Tahun Baru Di Puncak Gunung Slamet Numun Fisiknya Tidak Kuat, maka Panitia Telah Menyiapkan Puluhan Tenda Di Bukit igir Petis pada malam hari minggu (31/12/2017).

Selain Kegiatan Pendakian Kita Juga Mengadakan Kegiatan aksi peduli lingkungan dengan melakukan Bersih Bersih Sampah Di Jalur Pendakian Desa Penakir Dan Kegiatan doa bersama untuk keselamatan Bangsa Dan Negara Khusunya warga di sekitar Gunung Slamet.

Selain itu,  Ketua KNPI Kecamatan Pulosari Hindarto Berharap Agar Balita Yang Masih Berumur Di Bawah 5 Tahun Tidak Usah Sampai Ke Puncak Gunung Slamet Cukup Sampai Bukit Igir Petis Atau Di Pos 1 Jalur Pendakian Desa Penakir Kecamatan Pulosari Mengingat Cuaca Kali Ini Cukup Exstrim.

Hindarto Juga Menambahkan Selama libur panjang Natal dan Tahun 2018 jumlah pendaki yang akan mendaki ke Gunung Slamet di Jawa Tengah meningkat.

Menurut Hindarto Selaku Ketua KNPI Kecamatan Pulosari Berdasarkan Informasi Yang Di Dapatkan Dari Beberapa Sumber khususnya jalur pendakian di wilayah kecamatan pulosari kabupaten pemalang baik Pendakian jalur dipajaya clekatakan, jalur Penakir Maupun Jalur Jurangmangu mulai ramai saat jelang Natal hingga hari ini menjelang tahun baru.”

Menurut dia, pada pendakian tahun ini saat Natal dan Tahun Baru ada peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Meskipun ada beberapa pendaki yang sempat membatalkan pendakiannya akibat adanya cuaca ekstrem beberapa waktu lalu. Namun jumlahnya tidak terlalu banyak, jelasnya

Rata-rata para pendaki berasal dari Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Timur Sedangkan untuk pendaki yang akan merayakan Tahun Baru di Gunung Slamet hingga saat ini masih ada pendaki yang bertahan di puncak. Diperkirakan jumlahnya akan bertambah karena sudah banyak pendaki yang ingin merayakan pergantian tahun di Gunung Slamet.

Meskipun demikian dia mengimbau agar para pendaki yang akan merayakan pergantian tahun di Gunung Slamet supaya tidak merayakan dengan berlebihan. Apalagi sambil membawa kembang api maupun petasan.

“Biasanya orang merayakan tahun baru kebanyakan sambil menggunakan kembang api, yang jelas kita imbau, kita larang untuk bawa petasan. Kita sebar informasi jadi jika ada yang bawa petasan para pendaki bisa saling menginformasikan,” ucapnya.

Selain mengimbau terkait larangan menyalakan kembang api, pihaknya juga mengimbau para pendaki agar selama pendakian jika akan turun hujan diusahakan untuk tidak melanjutkan perjalanan. Jika sudah di tengah hutan diusahakan untuk membuat camp sambil melihat kondisi cuaca. Walaupun Selama beberapa hari terakhir ini cuaca di Gunung Slamet sangat bagus.

“Keselamatan itu harus diutamakan apalagi saat pendakian ramai serta libur panjang seperti saat ini,” Tambahnya. (Red.HP/admin)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × one =