SMK di Pemalang tak Siap Ujian Online

0
256
Ilustrasi

Pemalang, Harian Pemalang – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), masih merasa keberatan untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), terutama dalam melengkapi sarana dan prasarananya.

 
Oleh karena itu dari sebanyak 52 SMK negeri dan swasta di Kabupaten Pemalang, baru tujuh sekolah yang sudah bisa melaksanakan ujian tersebut. Ketujuh SMK itu terdiri atas tiga negeri dan empat swasta. Adapun sekolah lainnya, masih menggunakan kertas. Salah satu SMK swasta yang sudah bisa melaksanakan UNBK, adalah SMK Islam Pemalang.

 

 

Berdasarkan pantauan di lokasi sekolah tersebut, kemarin terlihat sudah siap melaksanakan UNBK. Terbukti sosialisasi UNBK berjalan lancar dengan 100 komputer. Kepala sekolah SMK Islam Pemalang Wiyoni, mengakui bahwa dalam pelaksanaan UNBK yang paling berat adalah melengkapi alat komputernya dan sumber daya manusia. Kendati berat, pihaknya terpaksa mencari pinjaman untuk membeli perangkat komputer.

”Sebenarnya kami belum mampu, tetapi beli sekarang atau nanti sama saja. Karena itu lebih baik saya beli komputer sekarang, walaupun dari uang pinjaman,” kata Wiyoni kemarin seperti yang dilansir dari Suaramerdeka.com.

 
Membiasakan Siswa Sementara itu Kepala Program TKJ SMK Islam Muhammad Muchlisin, menjelaskan simulasi UNBK akan dilaksanakan selama empat hari, mulai Rabu (10/2/2016).

 
Simulasi dilaksanakan agar siswa terbiasa mengerjakan soalsoal ujian nasional menggunakan komputer. ”Dengan sosialisasi ini, siswa yang tidak biasa menggunakan komputer akan terbiasa. Jadinya mereka lebih enak dan tidak canggung ketika mengikuti UNBK,” katanya.

Siswa yang diikutkan dalam sosialisasi UNBK tersebut, sebanyak 298 anak. Mereka berasal dari jurusan Teknik Audio Video (TAV), Teknik Kendaraan Ringan (TKR), dan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Adapun jumlah komputer yang ada, sebanyak 100 unit. Sehingga UNBK akan dilaksanakan bertahap selama empat hari. (Red-HP99/Foto: Harian Pemalang).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

thirteen − twelve =