Kerang Hijau, Kuliner Maknyus Pemalang

0
394
Kerang Hijau. Foto: Sarwo Edy-harianpemalang.com.

Pemalang, Harian Pemalang – Kerang Hijau atau dikenal sebagai green mussels adalah binatang lunak yang hidup di laut, bercangkang dua dan berwarna hijau. Kerang hijau merupakan organisme yang termasuk kelas Pelecypoda, dengan nama ilmiah Perna viridis.

Menu kerang hijau merupakan salah satu menu favorit untuk restoran seafood. Banyak olahan dengan bahan dasar kerang hijau ini, mulai yang manis sampai yang pedas membuat keringat keluar waktu menyantapnya.

Biarpun kabupaten Pemalang mempunyai pantai akan tetapi bukan merupakan daerah pemasok Kerang hijau. Restoran sea food yang ada di Pemalang mendapat pasokan antar lain dari daerah Cirebon. Bahkan masyarakat pemalangpun kurang familiar dengan kerang ini.

Pedagang keliling yang ada di Pemalang berasal dari kabupaten Tegal. Karena keberadaan kerang ini masih musiman maka banyak pedagang yang hanya berjualan di musim tertentu saja. Pedagang mendapat barang dari agen yang dipasok oleh distributor dari Cirebon.
Pedagang keliling ini sudah menyajikan siap santap.

 
Dengan bumbu dapur garam, sere, bawang, tumbar dll menjadikan kerang hijau ini nikmat untuk disantap. Dengan harga mulai dari 1.000,- menjadi kan anak anak serta semua lapisan masyarakat sudah dapat menikmati kelezatan kerang hijau.

Menurut salah satu penjual kerang hijau, yang dijumpai baru melayani di depan sekolah MTsN pemalang, karena kelangkaan barang saat ini agennya baru ada 3 orang yang berdagang, kalau masa kerang hijau melimpah bisa sampai 10 orang yang ikut berdagang. (Red-HP99/Sarwo Edy).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

sixteen + 19 =