Mau Badan Hangat, Soto Kambing Pilihannya

0
421
Soto Kambing khas Randudongkal

Pemalang, Harian Pemalang – Setiap kali membicarakan Kuliner khas Pemalang, selalu yang di sebut ya grombyang, lontong dekem, sate loso, khamir arab, apem comal, ogel ogel, soto pemalang dan masih banyak lagi. Kebanyakan kuliner tersebut berada dikawasan sebelah utara kabupaten Pemalang atau daerah pantura.
Padahal ada makanan khas daerah selatan pemalang, atau daerah punggung gunung Slamet, tepatnya di daerah randudongkal, dan menyebar sampai moga dan belik yaitu soto kambing.

Hampir di sudut jalan di Kecamatan Randudongkal, ada warung soto kambing ini. Baik yang mangkal maupun tenda pinggir jalan hampir ada 15 sampai 20 warung soto kambing. Soto ini dapat dikatakan merupakan menu favorit daerah tersebut yang berudara relatif dingin.

Salah satu warung soto kambing  di Randudongkal yang cukup dikenal,  warung Rebo Kuna, milik pak Gering. Menurut nya dia merupakan generasi ke tiga dari penjual soto kambing di randudongkal.

Ciri khas  soto kambing randudongkal  terletak di kuahnya. Kuah kental  tanpa santan. Kuah dengan bumbu rempah rempah seperti pala, kemiri, mrica dll dan dipadu dengan tauco yang sudah di masak. Sedangkan kambingnya berupa potongan daging, limpa, hati, tulang lunak, babat, usus yang dipotong cukup besar.

Hal yang menarik lainnya adalah lontong nya, Lontong yang biasanya dibungkus daun pisang dan lonjong, lontong disini besar besar mengunakan plastik ukuran relatif besar.

Dalam penyajiannya lontong di guyur dengan kuah yang berisi potongan daging kambing, lalu di beri sambal, daun bawang dan remukan krupuk usek, tidak ketinggalan bawang goreng.

Soto ini relatif murah hanya 12 ribu per porsinya. Bisa buat badan segar, hangat dan berkeringat ngembyobyos.  (Red-HP99/Sarwo Edy).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × 3 =