Kantong Plastik Sekarang Berbayar lho

0
568
kantong plastik berbayar

Pemalang, Harian Pemalang – Pada Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2016, minggu (21//2/2016), pemerintah mulai memberlakukan kebijakan kantong plastik berbayar. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan akan memperkenalkan kebijakan kantong plastik berbayar di 17 kota kepada pemerintah daerah, dunia usaha atau peretail modern, dan masyarakat.

Kota-kota yang akan menerapkan kebijakan kantong plastik berbayar tersebut adalah DKI Jakarta, Bandung, Bekasi, Depok, Bogor, Tangerang, Solo, Semarang, Surabaya, Denpasar, Palembang, Medan, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, Ambon, dan Jayapura.
Salah satu mini market berjaringan Nasional yang ada di pemalang, mulai hari minggu (21/2/2016) juga memberlakukan kantong plastik berbayar. Hal ini ditanggapi beragam oleh konsumen, ada yang menolak, menerima denga terpaksa, atau menerima dengan kesadaran sendiri.
Menurut Ali, kepala toko di salah satu gerai mini market berjaringan nasional, mengemukakan bahwa hari pertama diberlakukannya kantong plastik berbayar ini banyak tanggapan dari masyarakat. Masih banyak masyarakat yang kurang paham dan kurangnya sosialisasi sebelumnya membuat konsumen merasa kaget dengan hal ini. Lebih lanjut, dia mengatakan hampir sebagian besar konsumen protes karena masih beranggapan bahwa kantong plastik adalah kewajiban toko untuk memberi service/pelayanan yang baik ke konsumenan.

Ali menjelaskan, sampai saat ini instruksi dari managemen pusat bahwa harga kantong plastik Rp.200 (dua ratus rupiah) tanpa membedakan ukuran kantong tersebut. Sebagai proses sosialisasi, kasir akan menerangkan bahwa mulai tanggal 21 februari ini, kantong plastik berbayar, apabila ada yang tidak mau membayar pihak mini market akan tetap memberi kantong plastik tersebut. (Red.HP/SE)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

eighteen − fourteen =