Ayo, Galakkan Diet Kantong Plastik

0
124
Kampanye Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik

Pemalang, Harian Pemalang – Dalam rangka mengurangi penggunaan kantong plastik pemerintah memberlaku kantong plastik berbayar ke modern market, retail dan di 17 kota besar di Indonesia.

Pemalang, sebenarnya bukan daerah target uji coba kantong plastik berbayar ini. Akan tetapi beberapa gerai retail berskala nasional ada yang sudah memberlakukan program plastik berbayar ini dan ada yang masih dalam tahap sosialisasi ke konsumen.

Menurut Puput Tri Darma Putra atau biasa disapa Puput TD, salah seorang aktivis lingkungan WALHI yang berasal dari Pemalang, berpendapat bahwa kantong plastik berbayar sebenarnya kurang memberi dampak ke pengurangan penggunaan kantong plastik.
Puput, menyarankan tetap menggunakan kantong atau karton kertas, kita bisa memperdayakan bank bank sampah untuk memproduksi tas belanja daur ulang dan konsumen di wajibkan berbelanja menggunakan tas tersebut.

Apabila ada anggapan, kalau menggunakan kertas tentunya akan menambah kerusakan hutan karena kertas berbahan baku kayu. Hal ini kita bisa memprogram pohon keras/kayu produktif, dengan melibatkan  warga masyarakat yang  mempunyai lahan untuk menanam pohon, disamping itu dapat menjadi investasi hijau bagi masyarakat yg mau menanamnya.

Imbuh Puput, bahwa  setiap konsep / program akan ada baik dan buruknya, makanya kita minimalisir dampak yang mempunyai  daya rusak yang tinggi. (Red.HP/sarwo edy).

Baca Juga :Kantong Plastik Berbayar Rentan Dikorupsi

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × 5 =