Rakor Kades, 63 Desa Belum Setor Raperdes APBDes 2016

0
214

Pemalang, Harian Pemalang -Kamis, (17/3/2016) bertempat di pendopo Kabupaten Pemalang, Bupati Pemalang H.Junaedi,SH,MM memimpin Rakor Kades / Lurah Se Kabupaten Pemalang tahun 2016. Rakor ini dikuti 279 peserta, terdiri dari Wakil Bupati, Sekda, staf ahli Bupati, Asisten Sekda, Kepala SKPD, camat, Kepala desa dan Lurah.

Dalam acara ini terungkap sebanyak 63 desa di wilayah Kabupaten Pemalang, yang sampai tanggal 4 Maret 2016, belum menyampaikan Rancangan Peraturan Desa (Raperdes) tentang APBDes tahun anggaran 2016. Seharusnya menurut Peraturan Pemerintah nomor 43 tahun 2015, APBDesa paling lambat disampaikan pada bulan Oktober tahun sebelumnya (Oktober 2015).

Melihat kondisi tersebut, Bupati melalui Sekda Kabupaten Pemalang Drs.Budhi Rahardjo,MM meminta kepada Kepala Desa yang belum menyampaikan Raperdes tersebut, untuk secepatnya menyusun Raperdes tentang APBDesa.

Sementara dalam laporannya Asisten Bidang Pemerintahan Sekda Kabupaten Pemalang, H.Ainurofig, menjelaskan, kegiatan ini dimaksudkan mengevaluasi terhadap program/kegiatan serta langkah–langkah yang sedang dilaksanakan pada tahun 2016, agar sejalan dan selaras dengan visi dan misi Bupati serta mampu mengantisipasi berbagai permasalahan yang aktual dan crusial mengenai desa.

Sedangkan tujuannya antara lain yaitu, mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan desa/kelurahan yang tertib dan akuntabel berlandaskan ketentuan peraturan perundang – undangan yang berlaku.

Kegiatan ini, juga diisi dengan sosialisasi Kredit Usaha Rakyat dari BRI cabang Pemalang. (Red.HP/kontributor Dadang Heyder humas pemalang)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × 5 =