Kuliner Pemalangan : Bakso Daging, Bakso Tanpa Indil-Indil

0
676

Pemalang, Harian Pemalang – Bakso, kuliner yang sangat familiar kita kenal. Ketika membicarakan bakso, terbayang kuah yang segar, panas, dan ada glindingan daging bakso yang dapat berbentuk bulat, gepeng, love, bola tenis dan masih banyak variasi bentuk lainnya.

Berbeda dengan bakso yang lain, di Pemalang ada bakso tanpa indil-indil. Bakso ini terkenal dengan “Bakso Daging” ada yang memberi variasi nama menjadi “bakso daging tomat hijau”.

Awal mulanya, bakso daging ini di kenalkan dan kembangkan oleh pak Miad, dengan membuka warung bakso daging di daerah Jebed, kecamatan Taman, Pemalang. Generasi bakso miad sendiri sudah memasuki generasi ke tiga. Akan tetapi sudah ada diluar keluarga Miad yang membuka warung bakso daging tomat hijau.

Bakso yang disajikan berupa irisan daging sapi yang dipotong potong tipis, diberi soon (mie putih) diguyur kuah bakso, sambel tauco,  tomat hijau dan  bubuk koya dan tidak ketinggalan daun bawang. Ciri khas bakso ini di irisan dagingnya, tanpa indil indil bakso, bubuk koya dan tomat hijaunya. Disajikan di piring terpisah lontong dan kerupuk panjang.

Anda tertarik, berkunjunglah ke Pemalang, manjakan lidah anda dengan kuliner khas Pemalangan. (Red-HP/ Sarwo Edy).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

15 − eight =