Menjelang Hari Air Sedunia “Water and Jobs” 22 Maret di Pemalang

0
139

Pemalang, Harian Pemalang – Hari Air Sedunia diperingati setiap tanggal 22 maret. Tahun ini mengambil tema “Water and Jobs”. Dalam memperingati hari air sedunia ini, masyarakat maupun instansi pemerintah kabupaten Pemalang, khususnya instansi yang terkait misalnya PDAM, KLH, dll, tidak ada perayaan atau kampanye tentang pentingnya air dalam berbagai aspek kehidupan dalam masyarakat.

Salah satu aktivis lingkungan hidup dari Pemalang, Puput Tri Dharma Putra, memaparkan, tidak ada nya peringatan hari air sedunia di Pemalang yang melibatkan masyarakat luas, hal ini dikarenakan masyarakat dan pemerintah kabupaten belum merasakan akan sulitnya kebutuhan akan air bersih dan layak pakai. Berbeda
dengan di beberapa kota besar seperti Jakarta, Surabaya dimana kondisi wilayah dan padatnya penduduk, air menjadi sebuah kebutuhan yang sangat kritis.

Sebelum krisis air terjadi, tentunya lebih baik memberi pendidikan ke masyarakat luas tentang perlunya air untuk kehidupan berkelanjutan bagi generasi yang akan datang.

Disamping itu, sangat penting menjaga fungsi kelola lahan terbuka untuk serapan air sesuai dengan tata ruang wilayah. Perlu konservasi lingkungan dan pentingnya pohon sebagai salah salah satu media penyimpanan air dan mejaga agar tidak terjadi erosi tanah terhadap daerah yang langsung terkena, tetapi juga menjaga daerah hilirnya sebagai sumber mata air, antara lain berupa pendangkalan dam-dam penyimpan cadangan air dan saluran irigasinya, partikel-partikel tanah yang tererosi di daerah cekungan. Dengan demikian kebutuhan air di hulu akan tercukupi dan mendapatkan kualitas air yg baik untuk kebutuannya.

Lebih lanjut Puput, berharap jangan ada, swastanisasi dalam pengelolaan air untuk masyarakat. Karena air bukanlah barang komoditas yang layak diperjualbelikan, melainkan hak masyarakat yang diberikan oleh Tuhan nya. (Red.HP/sarwo edy)
(Gambar ilustrasi dari google)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × five =