DKK Pemalang Sosialisasikan Rumah Tunggu Kelahiran

0
184
Suasana sosialisasi rumah tunggu bumil

Pemalang, Harian Pemalang – Bertempat di Pendopo kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang Rabu (23/3) Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pemalang bekerja sama dengan Bapeda dan Bapermas KB mengadakan sosialiasasi Rumah Tunggu Kelahiran ( RTK). Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh beberapa kepala desa, tokoh pemuda, dan pamong desa yang berada di wilayah kecamatan Bodeh yang mewakili desanya masing-masing. Menurut dr. Erna Nuraini, M. HLth.Sc Kepala DKK Pemalang yang diwakili oleh Uly Handayani, pelaksana Bidang Kesehatan Keluarga menyampaikan,”Rumah tunggu kelahiran adalah suatu tempat atau ruangan yang berada dekat fasilitas kesehatan (RS, Puskesmas) yang dapat digunakan sebagai tempat tinggal sementara ibu hamil dan pendampingnyan (suami/kader/dukun/ keluarga) selama beberapa hari, saat menunggu persalinan tiba dan beberapa hari setelah bersalin,” terangnya.

Uly juga mengatakan tujuan umum RTK adalah menurunkan jumlah kematian ibu dengan mendekatkan bumil ke fasilitas pelayanan kesehatan untuk mencegah terjadinya keterlambatan penanganan kepada ibu hamil, bersalin dan nifas sesuai dengan tindakan yang dibutuhkan. RTK ini sangat bermanfaat untuk cakupan program kesehatan ibu, meningkatkan akses masyarakat kepada pelayanan kesehatan ibu oleh tenaga kesehatan, memudahkan deteksi dan tata laksana dini komplikasi maternal neonatal, mendukung sistem dan pelayanan rujukan meternal neonatal, mendorong kemitraan dengan lintas sektor dan mendorong keswadayaan masyarakat dan dukungan pemda untuk program kesehatan ibu.

Dan diharapkan ada komitmen dukungan dari pemda Kabupaten Pemalang sampai ke tingkat desa dalam mendukung pembangunan bidang kesehatan khususnya RTK, Komitmen adanya usaha sadar masyarakat akan arti penting kesehatan, dan optimalisasi peran lembaga / forum pemberdayaan desa, Tomas, Toga, pihak swasta, kader, dalam upaya pengembangan TRK. (Red.HP/Joko Longkeyang)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

8 + nineteen =