Gedung Puskesmas Pembantu Gunungbatu Sebentar Lagi Roboh

0
291

Pemalang, Harian Pemalang – Dalam meningkatkan pelayanan kesehatan sampai ke desa desa, pemerintah dalam hal ini dinas kesehatan membentuk Pusat Kesehatan Masyarakat Pembantu (Pustu), dengan menempatkan bidan desa sebagai tenaga pelaksana teknis kesehatan.

Pustu di desa, memiliki peranan penting bagi kesehatan masyarakat, oleh karena itu gedung pustu dibuatkan tersendiri dan cukup refretentatif, namun tidak demikian yang di rasakan di Desa Gunung Batu, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang.

Gedung pustu di Desa Gunungbatu nyaris roboh demi keamanan dan keselamatan dalam melayani kesehatan masyarkat, bidan desa terpaksa ngungsi di rumah warga. Rizka Eki Miriyani, Amd, Keb. Bidan desa Gunungbatu menuturkan ,”pertama masuk dinas di Desa Gunungbatu Bulan Agustus 2015, saya kaget dengan kondisi gedung puskemas pembantu (pustu) yang yaris roboh dan sangat mengkhawatirkan oleh karenanya saya memilih kost dirumah warga untuk melayani penduduk, namun warga tersebut dibayar malah tidak mau, saya jadi pekewuh,” ujarnya.

Riszka juga mengucapkan terima kasih kepada Warga Desa Gunungbatu yang telah meminjamkan rumah untuk pelayanan kesehatan dan juga berharapa agar Puskesmas pembantu di Desa Gunungbatu segera dibuatkan. Terkait dengan keberadaan Puskemas pembantu yang ada di Desanya nyaris roboh sehingga pelayanan kesehatan dirumah warga.

Kepala Desa Gunungbatu M. Tasripin mengatakan,”gedung Puskesmas pembantu (pustu) yang sekarang berdiri di desanya dibangun sejak tahun 1980 wajar saja hampir roboh, dan saya sebagai kepala Desa sudah berkali-kali menyampaikan kepada Bapermas KB maupun Ke Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pemalang dengan mengajukan proposal bahkan sudah dicek keberadaan Gedung Pustu tersebut tapi entah kenapa sampai sekarang kok belum ada kabar untuk direnovasi,” terangnya. Namun demikian Kades Tasripin juga tetap berharap di tahun anggaran ini renovasi gedung pustu bisa direalisasikan.( Red.Hp/Ahmad JSS)

Ket Foto: kondisi gedung puskesmas pembantu Desa Gunungbatu yang nyaris roboh

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 − eight =