Demi Sukses Sensus Ekonomi, BPS Pemalang Adakan Pelatihan Gelombang 2

0
329

Pemalang, Harian Pemalang – Bertempat di salah satu Hotel Berbintang di Pemalang Sabtu (26/3) Badan Pusat Statistik (BPS) Pemalang mengadakan pelatihan petugas sensus ekonomi gelombang ke dua.

Sensus ekonomi merupakan kegiatan pendataan lengkap atas seluruh unit usaha/ perusahaan yang berada dalam batas2 wilayah suatu negara. Seluruh informasi dikumpulkan bermanfaat untuk mengetahui gambaran tentang performa dan struktur ekonomi suatu negara baik menurut wilayah, lapangan usaha, maupun skala usaha.

Marsudijono mengatakan,”kegiatan SE2016 dilaksanakan secara bertahap, mulai dari kegiatan perencanaan dan persiapan tahun 2014 sampai dengan kegiatan penyajian dan Diseminasi (penyebaran inovasi direncanakan, diarahkan, dan dikelola) sampai tahun 2018 yang akan datang,”jelasnya.

Masih kata Marsudiyono, PCL dan PML harus kerja sesuai data yang ada, PCL mengidentifikasi unit usaha/perusahaan dengan cara mengunjungi setiap bangunan yang berada diwilayah blok sensus, sedang pendataan dilakukan karakteristik usaha dan informasi lainnya dengan cara melakukan wawancara dengan pemilik/ pengelola unit usaha/ perusahaan atau penanggung jawab dari aktivitas ekonomi yang dilakukan oleh unit usaha/ perusahaan ditempat atau dibangunan tersebut ( door to door).

Hal ini juga disampaikan salah satu instruktur kelas C bapak Burhanudin, dan menjelaskan Unit pencacahan yang dalam kegiatan Pendataan (Listing) usaha/ perusahaan SE2016 adalah Establismen. Dalam mengidentifikasi keberadaan suatu estabilisme di dalam bangunan sensus, dapat dilakukan dengan pendekatan kepemilikan, tempat usaha dan berdasarkan laporan keuangan.(Red.HP/Khayati .M)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × 4 =