Polsek Moga Gelorakan Kamling, Muncul Banyak Pos Kamling Baru

Bhabinkamtibmas desa Banyumudal Briptu Lutfi Andri Atmoko bimbing warga Rt 01 Rw 08 dukuh Simadu dan gotong royong

0
110

Pemalang, Harian Pemalang – Salah satu tugas pokok Polri adalah dibidang pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas), hal ini sesuai dengan amanah undang – undang yakni UU RI no. 2 tahun 2002 tentang Polri tepatnya tertuang dalam pasal 13 ayat (1).

Terkait dengan hal tersebut dan dikemas dalam program terobosan kreatif dalam kegiatan harkamtibmas untuk lebih mengena serta bermanfaat bagi masyarakat sesuai dengan petunjuk dan arahan pimpinan, Polsek Moga yang mengusung program terobosan kreatif Bhabin Berbagi dengan Masyarakat (BBM) menjadikan Desa Banyumudal yang merupakan desa ibukota Kecamatan Moga sebagai pilot project. Bukan berarti mengesampingkan desa – desa lain tetapi program berjalan disetiap desa, namun demikian sebagai tolak ukur atau percontohan adalah desa Banyumudal, di samping sebagai ibukota kecamatan, Banyumudal merupakan desa terbesar dan terpadat penduduknya, heterogen warga yang berdomisili, pusat perkantoran dan perdagangan serta objek vital seperti perbankan dan BUMN PTP Nusantara IX kebun teh Semugih adalah potensi tinggi ambang gangguan kamtibmas. Dapat menjadi gangguan nyata kamtibmas apabila tidak ada kegiatan freemtif dan preventif. Kegiatan preemtif petugas Bhayangkara Pembina Kamtibmas (Bhabinkamtibmas) desa Banyumudal dalam memberikan bimbingan dan penyuluhan yang lebih menekankan pada menjaga lingkungannya masing – masing. Hal ini ditanggapi positif dan penuh kesadaran sebagian besar warga desa Banyumudal bahwa keamanan dan ketertiban merupakan salah satu kebutuhan, khususnya dilingkungan sendiri.

Adanya kesadaran itu, masyarakat yang belum memiliki pos kamling, beramai-ramai mendirikan pos kamling dan melakukan kegiatan kamling agar terjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya. Selama ini, masyarakat yang sudah aktif kegiatannya semakin bertambah semangat apabila setiap ada waktu dan ada kesempatan Briptu Lutfi Andri Atmoko selaku Bhabin setiap malamnya berusaha kontrol dan mendampingi warga kamling secara bergantian, hal ini walaupun awalnya terasa repot dengan membimbing, mengarahkan dengan turut bersama bergotong royong membangun pos kamling namun dengan keikhlasan dan dedikasi pengabdian terhadap masyarakat untuk tujuan harkamtibmas menjadi kepuasan batin dan kebanggaan tersendiri bagi yang bersangkutan. .

Dikatakan Kapolsek Moga AKP Amin Mezi Syafiudin, SH., “saat ini desa Banyumudal yang terdiri dari 82 Rt dan 10 Rw terdapat 90 pos kamling, 15 diantaranya didirikan baru selama kurun waktu ± 2 bulan berkat gencarnya Bhabinkamtibmas menggelorakan kamling di desa binaannya, terakhir pembuatan pos kamling secara swadaya di Rt 01 Rw 08 dukuh Simadu yang selesai hari Minggu (27/3) kemarin”, ungkap Kapolsek Moga mengapresiasi anak buahnya seraya memotivasi Bhabinnya yang lain. (Red. HP/joko longkeyang)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

fourteen + 8 =