Dinkes Pemalang Memacu Pembangunan Puskesmas Pembantu

0
144

Pemalang, Harian Pemalang – Puskesmas Pembantu (Pustu) adalah unit pelayanan kesehatan yang sederhana dan berfungsi menunjang dan membantu memperluas jangkauan Puskesmas dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Puskesmas dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil serta jenis dan kompetensi pelayanan yang disesuaikan dengan kemampuan tenaga dan sarana yang tersedia.

Dikatakan oleh Dr. Erna Nuraini, M. HLth.Sc Kepala DKK Pemalang melalui sekdin DKK Ir. Moh. Ali Muharom,”Jumlah Puskesmas Pembantu (pustu) menurut kondisi informasi Puskesmas yang bersangkutan di setiap Kecamatan yang mempunyai fungsi pelayanan kesehatan masyarakat karena puskesmas pembantu merupakan bagian utama dalam jaringan pelayanan puskesmas, di setiap wilayah desa atau kelurahan, pustu merupakan bagian integral dari puskesmas, dalam ruang lingkup wilayah yang lebih kecil,” jelas sekdin.

Lebih lanjut disampaikan, pustu dalam melayani masyarakat diharuskan ada dokter yang in charge setidaknya seminggu tiga kali.

Terkait tentang keberadaan pustu yang sudah tidak layak untuk ditempati bahkan hampir roboh, sekdin mengatakan,”di tahun anggaran 2016 Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Pemalang akan membangun 11 (sebelas) Pustu dengan kriteria 6 (enam) pustu rehab, dan 5 (lima) pustu dibangun dari awal dan sudah kami paparkan dengan pihak-pihak terkait,” pungkasnya.

Selain itu sekdin juga berharap dengan dibangunnya pustu tersebut, bidan desa dalam melayani kesehatan masyarakat akan secara maksimal .(Red.HP/Joko Longkeyang)

Ket. Foto: sekdin DKK Pemalang Ir. Moh. Ali Muharom,

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

fifteen − 9 =