Editorial Catatan Kecil : Ketika Visi di Dukung Oleh Rakyat, Tentu Tidak Menjadi Pepesan Kosong

0
266

Pemalang, Harian Pemalang – Ketika suatu kepala pemerintahan meluncurkan suatu visi yang visioner kedepan tentunya tidak hanya angan-angan kosong belaka. Ketika visi di jabarkan ke dalam missi tersebut tentunya harus membumi, tidak hanya angan dan memberi harapan palsu pada rakyatnya.

Visi yang revolusioner dicanangkan oleh Bupati Pemalang periode 2016 -2021, H. Junaedi, SH.MM, yaitu “Menuju Pemalang hebat yang berdaulat, berjatidiri, mandiri dan sejahtera”, tentunya misi bupati tidak hanya mengantarkan menuju akan tetapi menjadikan, menjadikan pemalang Hebat. Visi ini dijabarkan dalam bentuk missi yang nantinya akan menjadi haluan pemerintah kabupaten Pemalang untuk bekerja sesuai dengan cita cita yang di harapkan.

Dari visi maupun misi yang dicanangkan, sebagai rakyat tentu muaranya sejahtera dalam berkeadilan, murah sandang, murah pangan, gampang papan dan besar penghasilan.

Secara umum rakyat minta luasnya lapangan kerja, mudahnya berusaha, pendidikan bermutu dan murah, aman dalam berkehidupan baik kesehatan, keamanan lingkungan, serta semua aspek kehidupan.

Apakah hal itu bisa dilaksanakan sendiri oleh pemerintah? Tentunya tidak tanpa peran serta masyarakat luas. Apa yang diharapkan rakyat dengan apa yang di inginkan oleh pemerintah harus sinkron. Pemerintah pemalang ingin mewujudkan pemalang hebat yang berdaulat, berjatidiri, mandiri dan sejahtera.

Tentunya rakyat harus mendukung nya, bagaimana kalau kita mencangkok pola, program dari kabupaten lain dengan dimodifikasi dan diadaptasi dengan kondisi yang ada di pemalang? Misal produksi, jual, beli dan pakai produk yang ada di pemalang.

Banyak sektor yang bisa kita aplikasikan sistem ini. Misalnya sektor wisata yang saat ini sudah mulai dilirik oleh orang diluar pemalang, misalnya bupati melalui sekda ke SKPD menginstruksikan agar kalau rekreasi ketempat wisata yang ada di Pemalang. Dimana produksinya jelas dengan mengeksplorasi wisata alam, kita jual ke kalangan sendiri, dan kita beli dengan menikmati pesona wisata sehingga hal ini akan mendongkrak ekonomi rakyat secara nyata.

Atau kita bisa kembangkan sarung tenun goyor, dari kelas ekonomis sampai yang mahal, kita dengan kesadaran sendiri bangga dengan produksi daerah sendiri, dan kita beli serta pakai. Tentunya dapat kita hitung berapa besar efek domino ekonomi yang terjadi dalam proses pembuatan kain goyor ini.

Serta masih banyak, sekali yang bisa kita terapkan dan kita manfaatkan produk produk lokal yang dapat mengangkat ekonomi rakyat secara nyata.

Tentunya hal ini perlu kerjasama yang baik dan perlu rasa saling percaya dalam menjalankan program tersebut, dari semua elemen masyarakat Pemalang (Red.HP/editorial Harian Pemalang.com)

Foto by ykpb

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × three =