Berdayakan Ekonomi Kecil, Rangkul Pedagang Keliling Dengan Pola Kemitraan

0
201

Pemalang, Harian Pemalang – Guna meningkatkan penjualan dan memberdayakan ekonomi rakyat kecil, agen edam burger yang berkedudukan di Pemalang merangkul pedagang keliling sebagai mitra nya.

Pola yang dikembangkan adalah Kemitraan, dimana konsep usaha yang mempunyai kedudukan yang sama dikedua belah pihak, sehingga tidak ada yang dominan dalam pola ini, tidak ada bos tidak ada karyawan, tidak ada atas dan tidak ada bawahan. Dimana kemajuan yang akan dicapai adalah kerjasama yang baik untuk mencapai target yang diharapkan.

Salah satunya Suarto, warga desa Saradan, mengikuti pola kememitraan pedagang keliling edam burger. Suarto bermitra dengan agen edam burger di pemalang sudah cukup lama. Dalam konsep kemitraan ini Suarto dengan modal berupa gerobak dan perlengkapannya serta sepeda motor, apabila tidak ada bisa digunakan sepeda. Sedangkan agen edam burger menyediakan roti, daging, saos dan bahan lainnya untuk berjualan. Suarto hanya membeli perlengkapan bahan jualan ke agen dengan sistem beli putus artinya apabila ada kerusakan bahan sudah menjadi tanggung jawab pihak pembeli. Sedangkan agen selain memberi keringanan dalam pembayaran juga membimbing dalam menjaga mutu dan kualitas, serta manajemen penjualan. Dalam pola ini tidak ada fee franchise, ataupun jaminan untuk menjadi pedagang.

Keuntungan yang didapat oleh pedagang merupakan 100% hak pedagang. Bagaimana gambarannya penghasilan pedagang, menurut Suarto “Alhamdulillah rata rata per minggu dapat mengantongi laba 1.050.000.” Penghasilan sebesar itu dirasa sudah cukup, kalau dihitung sebulan lebih daru 4 kali UMR Pemalang.

Kesempatan untuk bermitra dengan Edam Burger Pemalang masih terbuka lebar. Apabila ada yang berminat dapat langsung menghubungi Edy di Jl.Kalimantan 2 no 11, Puripraja Kencana, Mulyoharjo, Pemalang.

Biarpun hanya sedikit, Edam Burger bertekat untuk menyediakan lapangan pekerjaan bagi yang membutuhkan. (Red.HP/sarwo edy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 − 14 =