Curug Bengkawah, Pembawa Berkah Masyarakat Desa Sikasur

0
696

Pemalang, Harian Pemalang – Potensi pariwisata di wilayah Pemalang bagian selatan sangat luar biasa, potensial dan tidak diragukan lagi keindahan serta ke asriannya. Salah satu contoh yang terdapat di desa Sikasur, kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, terdapat beberapa lokasi obyek wisata seperti telaga Cilating, Cagar Alam Curug Bengkawah, Kedung Belis, Kedung Lesung yang kaya dengan nuansa mistis, itu semua menjadi magnet tersendiri bagi wistawan.

Wisatawan dapat berefreshing dan menikmati keindahahan alam sambil menikmati segarnya udara alam yang masih bersih diwilayah tersebut. Dikatakan oleh Kepala Desa Sikasur, Kursin ketika ditemui di kediamannya minggu (3/4/2016) mengatakan, “Wisatawan yang berkunjung ke Curug bengkawah dan telaga Cilating di Desa Sikasur per bulan rata-rata lebih dari 1000 pengunjung, terdiri atas Pelajar, Mahasiswa, masyarakat umum, bahkan pernah ada wisatawan mancanegara,” jelasnya.

received_1552964655002877

Melihat potensi tersebut Kepala Desa, BPD beserta Karang Taruna dan Stakeholder lainnya berkeinginan untuk untuk mengembangakan kawasan wisata tersebut menjadi lebih profesional dan representatif sehingga dapat berkembang serta memberi kenyamanan untuk para wisatawan.

Kursin juga menyatakan, “kendala pengelolaan Curug Bengkawah adalah curug ini masuk dalam wilayah kerja perhutani, jadi harus ada ijin untuk pengalih fungsian dari cagar alam menjadi obyek wisata yang dikelola oleh Desa. Pihak desa sudah mengajukan permohonan alih fungsi kepada dinas terkait tinggal menunggu jawaban secara resmi dari Perhutani.” paparnya.

Namun demikian, pihak desa tidak tinggal diam begitu saja. Hal ini dapat dilihat adanya aktivitas karang taruna desa Sikasur. Karangtaruna desa Sikasur menyediakan tempat parkir serta menjaga keamanan lokasi tersebut, membuat terminal dan rest area untuk kenyamanan para pengunjung wisata di sikasur.

Rencananya, apabila pengelolaan daerah wisata ini sudah siap, maka wisatawan cukup sampai terminal pemberhentian, selanjutnya wisatawan akan naik kendaraan yang disediakan menuju area curug.

Ide kreatif ini perlu didukung oleh semua pihak, karena dapat mengembangkan ekonomi kerakyatan. Kursin juga berharap adanya Curug Bengkawah bisa membawa berkah bagi masyarakat Desa Sikasur dan masyarkat desa sekitarnya. (Red.HP/ kiriman Ni Na)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

17 + eleven =