Sukses Hari Pertama UNBK di SMAN 1 Pemalang

0
563
Wakil Kepala Sekolah Bagian Humas dan Infokom Drs Moh. Wigunadi,M.Pd. saat memberi keterangan pers

Pemalang, Harian Pemalang – Senin (4/4/2016) merupakan hari pertama Ujian Nasional baik yang Ujian Nasional Berbasis Kopentensi (UNBK) maupun Ujian Nasional Papper Basic Test yang diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia.

UNBK merupakan Ujian Nasional yang mengunakan teknologi komputer, pertama kali dilaksanakan dibeberapa sekolah yang ada di Indonesia, salah satunya adalah SMA Negeri 1 Pemalang.

Menurut kepala sekolah SMA Negeri 1 Pemalang H. Aryanto, S.Pd., M.Pd., yang diwakili oleh Drs. Moh. Wigunadi, M.Pd, selaku Waka Humas dan Infokom menyatakan bahwa UNBK ini diselenggerakan pada hari Senin-kamis (4-7/4/2016) dan Senin-Selasa (11-12/4/2016), hanya 1 mata pelajaran yang di ujikan setiap harinya.

UNBK SMA Negeri 1 Pemalang di ikuti oleh total 398 siswa yang terdiri dari 28 siswa jurusan bahasa dan budaya, 262 siswa jurusan IPA dan 108 siswa Jurusan IPS. dan dilaksanakan 3 shift, hal ini dikarenakan adanya prasayarat bahwa sekolah penyelenggara harus memiliki perangkat komputer minimal 1/3 dari jumlah siswa. Oleh karena itu sekolah menyediakan sebanyak 150 set perangkat komputer. Guna kelancaran UNBK ini pihak sekolah bersama dengan dinas pendidikan, pemuda dan olahraga telah menggandeng pihak PLN sebagai penyedia listrik dan Telkom sebagai penyedia jaringan internet.

Oleh karena itu untuk mencapai kesuksesan penyelengaraan UNBK baik secara sistem maupun materi soal maka  pihak sekolah telah melakukan tri out, simulasi sampai sampai gladi bersih untuk memastikan bahwa natinya tidk ada kendala teknis san sistem yang ada serta memantapkan pemahaman materi soal bagi siawa sendiri.

Disinggung mengenai kecurangan yang kemungkinan dilakukan oleh siswa peserta ujian, Wigunadi menyatakan bahwa kecurangan yang dilakukan siswa relatif tidak ada, contek mencontek jawaban soal dinyatakan sangat tidak mungkin karena tiap peserta mempunyai soal berbeda satu dengan yang lainnya. Kata sandi ujian baru diberikan pada saat ujian dimulai,  Peserta terisolir dengan pihak luar karena semua alat komunikasi dilarang dibawa masuk peserta, disamping itu ada 1 orang pengawas, 1 orang operator dan 1 teknisi yang siap diluar ruangan.

Wigunadi berharap agar UNBK yang pertama ini berlangsung dengan sukses tanpa ada gangguan maupun halangan yang berarti, siswa dapat mengerjakan dengan baik dan benar serta tidak adanya kecurangan dalam penyelenggaraan ujian ini (Red.Hp/sarwo edy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

18 − thirteen =