Bangkitnya Karang Taruna Randudongkal Dengan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan

0
285

Pemalang, Harian Pemalang – Bertempat di salah satu gedung pertemuan di Randudongkal, Minggu (17/4/2016), Karang taruna kecamatan Randudongkal, beserta Karang Taruna kabupaten Pemalang menggandeng Prof. Dr. Hendrawan Supratikno mengadakan sosialisasi 4 pilar kebangsaan.

Acara ini dihadiri kurang lebih 90 orang yang merupakan perwakilan dari 14 desa yang ada di kecamatan Randudongkal, serta para tokoh masyarakat setempat. Narasumber yang hadir Budi Harianto, selaku Ketua karang taruna kabupaten Pemalang, dan Prof. Dr. Hendrawan Supratikno yang diwakili oleh staf khususnya Heriyono, SH, M.Kn.

Ali Ariyanto, S.Pd., ketua karang taruna kecamatan Randudongkal, selaku ketua panitia mengatakan “Kegiatan ini merupakan momentum yang baik untuk menjalin silaturahmi antara karang taruna desa, kecamatan dan kabupaten, agar tidak terputus jalur komunikasinya, sehingga diharapkan dapat menelurkan program-program yang baik”.

“Disamping itu, era globalisasi yang tidak dapat dibendung ini, perlu adanya filter yang dapat digunakan untuk menyaring kemerosotan moral, antara lain dengan sosialisasi empat pilar kebangsaan” papar Ali.

Lebih lanjut Ali berpesan kepada karang taruna desa, perlu adanya penataan administrasi mapun kegiatan, dan perlu adanya sinergitas antara karang taruna dengan pemerintah desa setempat.

Ketua karang taruna kabupaten Pemalang, Budi Harianto, mengatakan “Perlu membangun unsur pemuda untuk memulai memgenal, menghayati, makna pancasila, UUD 1945, NKRI dan Kebhinneka tunggal ik dalam wadah persatuan dan kesatuan. Dan membuat program karang taruna bukan lagi sebagai lembaga “stempel” tetapi sebagai wadah generasi muda yang berkarir dan berprestasi, serta kreasi masing- masing untuk menunjang potensi yang ada di desa”

Sedangkan Heriyono, dalam paparannya, 4 (empat) pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka tunggal ika merupakan pokok pokok dasar didirikannya negara republik Indonesia ini. Dan memberi pengertian bahwa negara Indonesia adalah negara besar. (Red.HP/sarwo edy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 − 11 =