Kunjungan Industri Bekali Siswa Mengenal Dunia Usaha

0
399

Pemalang, Harian Pemalang – SMK SATYA PRAJA 3 PEMALANG, mengadakan kunjungan industri ke Jakarta dan Bandung, pada tanggal 18-20/4/2016. Siswa di arahkan sesuai dengan jurusannya, Jurusan otomotif dan TSN ke PT. Tri jaya union sebanyak 160 peserta, Jurusan akuntansi ke PT. Calips Indonesia sebanyak 40 peserta. Setelah acara kunjungan industri dilanjutkan wisata ke Dunia fantasi dan ITC cempaka mas di Jakarta. Lalu dilanjutkan ke kawah ratu gunung tangkuban prahu, museum geologi dan cibaduyut di Bandung.

Menurut slamet budiharjo, S.Pd, selaku penanggungjawab kegiatan ini menyatakan bahwa latar belakang diadakanya kunjungan industri ini agar siswa mengenal dunia kerja. Selain itu siswa dapat mengetahui lebih jauh tentang cara kerja, kedisiplinan, tata tertib kerja , mesin – mesin industri yang lebih memadai, dll. Siswa juga diharapkan tidak menganggap kunjungan industri sebagi rekreasi, tapi menganggap kunjungan industri sebagai sarana belajar dengan cara mendatangi industri secara langsung, dan melihat urutan – urutan proses kerja di industri tersebut.

Lebih lanjut Slamet menyampaikan, Manfaat Kegiatan Kunjungan Industri diantara lain siswa dapat Siswa mengetahui kedisiplinan dan tata tertib yang tegas pada dunia kerja. Melihat cara kerja, dan berbagai macam alat – alat produksi yang sudah cukup moderen. Mendapat gambaran saat akan bekerja di industri atau ingin membuat sebuah industri. Sedangkan manfaat bagi Sekolah dapat menerapkan tata tertib yang tegas bagi siswa. Sekolah dapat mengajak siswa belajar secara langsung dilapangan. Manfaat bagi perusahaan yang di kunjungi dapat berbagi ilmu dengan siswa, mengajak dan memperlihatkan proses produksi bagi siswa maupun guru. Memperkenalkan sejarah singkat berdirinya industri kepada siswa Memperkenalkan hasil produksi kepada masyarakat luas. Hasil adanya MoU/Kesepakatan kerjasama antara sekolah dan perusahaan 1. Tempat praktek kerja lapangan 2. Lowonngan kerja bagi lulusan SMK SATYA PRAJA 3 PEMALANG.

Banyak kesan yang diterima oleh siswa antara lain yang dialami abdul latif. Menurutnya merasa senang dengan kegiatan ini, bisa melihat langsung proses dunia usaha dan industri.(Red.HP/joko longkeyang)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

fifteen + nine =