Pimpin Rumah Tahanan Pemalang Dengan Cinta Kasih

0
376

Pemalang, Harian Pemalang – Pandangannya terhadap perempuan masa kini “Kemajuan perempuan Indonesia saat ini hampir sama dengan pria. Banyak jabatan yang dahulu nya di percayakan kepada laki laki saat ini sudah banyak yang dipegang oleh perempuan” ujar ibu Anna panggilan ibu Tri Anna Arianti, BcIP, SH. MSi. Tri Anna Arianti, BcIP. SH., MSi adalah kepala rumah tahanan (rutan) kelas II b kabupaten Pemalang.

Ibu dari dua anak dan suami yang tinggal di Jakarta ini, lahir di Jombang sudah 2 tahun, 3 bulan menjabat sebagai kepala rutan pemalang. Banyak prestasi dan upaya untuk menyadarkan warga binaan nya agar kembali ke jalan yang benar.

Dalam kaitannya dengan semangat RA. Kartini, beliau berharap bahwa emansipasi perempuan sangatlah baik akan tetapi kodrat sebagai ibu haruslah tetap di jaga, karena keluarga ibu Anna ini jauh, maka ia selalu menjaga hubungan lewat media komunikasi yang ada, dan meningkatkan kualitas ketika berkumpul dengan keluarga.

“Secara nasional, perempuan sudah banyak yang diberi kepercayaan untuk menduduki jabatan strategis, akan tetapi di kabupaten Pemalang masih minim perempuan yang menduduki jabatan strategis, oleh karena itu perlu kerja keras agar masyarakat percaya bahwa perempuan itu mampu” papar Anna.

Hal yang membanggakan selama menjabat sebagai kepala rutan, adalah ketika ada razia narkoba yang dilakukan oleh BNN selama dua kali bahwa warga binaannya yang berjumlah 179 tahanan dinyatakan bebas dari narkoba, tidak terkecuali 17 tahanan kasus narkoba.

Disamping itu ia juga mulai membuka diri tentang kegiatannya dan partisipasinya dalam membina warga binaan agar nantinya tetap diterima oleh masyarakat dan tidak akan mengulangi perbuatannya. Satu hal yang diterapkan dalam mengelola rutan ini adalah “nguwongke uwong, dan bekerja dengan hati, kami mengganggap warga binaan disini seperti keluarga sehingga ketika BNN dua kali kesini tidak terkecuali 17 tahanan narkoba dinyatakan negatif” paparnya. (Red.HP/ Sarwo Edy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × one =