GP Ansor Pemalang Bersinergi Dengan TNI dan Polri

0
259

Pemalang,  Harian Pemalang – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Gerakan Pemuda Ansor ke-82 yang jatuh pada tanggal 24 April, Pimpinan Cabang Gerakan pemuda Ansor Kabupaten Pemalang bersilaturahmi menjalin kemitraan dengan Kodim 0711 Pemalang dan Polres Pemalang pada Jumat (22/04/2016), langkah ini diambil atas instruksi Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor melalui Kasatkornas Banser dalam upaya untuk kembali memperbaharui silaturahmi serta sinergitas Ansor dengan TNI dan Polri mengingat selama ini hubungan Ansor dengan kedua lembaga tersebut sudah terjalin dengan baik. Selain itu menurut Sekretaris PC GP Ansor Kabupaten Pemalang Mohamad Masruri, “komunikasi Ansor dengan TNI Polri dimaksudkan dalam upaya mempertegas komitmen Ansor untuk menjaga dan mengawal NKRI, hal ini penting dilakukan mengingat makin maraknya upaya-upaya makar segelintir orang yang ingin merongrong NKRI dengan cara mengganti Pancasila dan mendirikan Khilafah, ini tentu tidak bisa dibiarkan begitu saja, Ansor dan Banser akan siap dibarisan terdepan bersama TNI dan Polri memberantas isu-isu yang merongrong kedaulatan Negara kita”, tandas Masruri.

Dalam lawatanya pada jumat kemarin mewakili institusi PC GP Ansor Pemalang antara lain H. Akhmad Hamdan, Mohamad Masruri, Nur Ilham, M. Ali Maksum dan Tauhid serta sejumlah Angota Banser pertama ke markas Kodim 0711 Pemalang, kemudian dilanjutkan ke Polres Pemalang. Di polres Pemalang diterima oleh Kapolres Pemalang AKBP. Kinkin Winisuda, SH., S.I.K., yang diwakili oleh Wakapolres Pemalang Kompol Prawoko, SE, berkenan menerima kehadiran Ansor dan Banser. Kehadiran Ansor disambut baik oleh jajaran TNI maupun Polri, ini merupakan langkah baik yang dilakukan oleh GP Ansor tandas wakapolres, Hanya Ansor Ormas berbasis keagamaan yang senantiasa eksis melakukan komunikasi kepada Polres lanjut beliau.

Melalui Sekretaris PC GP Ansor Pemalang M. Masruri, menyampaikan maksud dan tujuan kedatanganya antara lain Ansor menyampaikan 3 poin penting, pertama Bahwa Ansor Akan selalu berkomitmen ikut mengawal dan membentengi NKRI sebagai harga mati termasuk di dalamnya Pancasila sebagai dasar Negara Indonesia. Kedua Ansor secara tegas mengutuk setiap aksi kekerasan yang mengatasnamakan agama dan apapun, Ansor akan ikut menindak tegas cara-cara radikalisme yang selama ini marak terjadi serta upaya pemecah belah bangsa baik melalui terorisme maupun Narkoba. ketiga Ansor akan senantiasa bersinergi dengan aparat berwenang dalam hal tindakan pencegahan, pencopotan ataupun penurunan spanduk HTI yang anti pancasila.

Secara keseluruhan baik Ansor, Kodim dan Polres sepakat menjalin kemitraan dalam tiga hal tersebut, serta akan selalu berupaya meningkatkan pola komunikasi dan kerjasama dalam upaya membentengi NKRI. serta mengingatkan kepada Ansor dan Banser untuk tidak melakukan tindakan main hakim sendiri meskipun melihat kegiatan-kegiatan Makar dan Radikalisme tersebut, Ansor dihimbau untuk mengambil tindakan preventif dengan cara melaporkan kepada pihak berwajib baik TNI maupun Polri, agar kemudian kejadian-kejadian tersebut dapat di antisipasi dan ditindak lanjuti bersama tandas Wakapolres.

Sementara ditempat terpisah menurut Sekretaris PC GP Ansor Pemalang, dalam menyambut Hari Lahir (Harlah) Ansor yang ke 82, PC GP Ansor sudah menerbitkan surat Instruksi ke semua PAC dan PR untuk melaksanakan Wungon dan Do’a bersama pada malam tanggal 24 April 2016, mendoakan para pendiri Ansor dan Ulama-Ulama NU serta doa untuk kesejahteraan dan persatuan bangsa dan Negara. Tidak hanya itu semua PAC dan PR juga dihimbau untuk memasang bendera Ansor dan Spanduk ucapan Harlah di area sekretariat masing-masing atau tempat-tempat strategis di wilayah masing-masing.

Sedangkan untuk puncak acara harlah Ansor tingkat Cabang akan dilaksananakan pada Rabu 27 April 2016 di Gedung NU, dengan mengambil tema harlah memperkuat organisasi memperkokoh visi kebangsaan. (Red.HP/joko longkeyang)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × 4 =