Lolita Menangi Gelaran Ratu Luwes Waria Pemalang

0
562

Pemalang, Harian Pemalang – Kemeriahan berlangsung di Pendopo Balai Wisata Pemalang. Lenggak lenggok, dan persiapan yang cukup ramai dari Forum Komunikasi Waria Pemalang (FKWP), pada Sabtu (30/4/2016) diselenggarakan peringatan hari Kartini dengan mengadakan pemilihan ratu luwes waria pemalang.

Acara ini dihadiri oleh kepala Dinas Kesehatan kabupaten Pemalang, perwakilan dari dinsosnakertrans, Disbudpar, komisi penanggulangan aids, direktur forum komunitas peduli batang, pembina FKWP dan masyarakat umum.

Dalam sambutannya ketua panitia sekaligus ketua FKWP Ririen Sabella “Dalam rangka memperingati hari Kartini, kami waria Pemalang ingin dapat berkarya dan berinovasi dengan baik.” Hal ini juga senada yang di tekankan oleh Dr. Erna Nuraini, kepala DKK kabupaten Pemalang, “perlu adanya inovasi kegiatan bagi waria, disamping itu apabila ada suatu wadah maka DKK dalam memantau masalah kesehatan lebih mudah.”

Dalam sambutannya. sebagai Pembina FKWP, Budi Sudiarto, SH, menjelaskan lantar belakang terbentuknya FKWP adalah selama ini keberadaan waria khususnya di Pemalang terpinggirkan, padahal waria sebagai warga negara tentunya hak dan kedudukan nya sama seperti warga yang lainnya, disamping itu belum adanya ruang untuk beraktivitas, disamping itu kelompok ini banyak menyimpan bakat terpendam. Maka perlu suatu wadah yang akan mudahkan kontrol baik perilaku maupun aktivitas yang ada.

Acara pembukaan di isi dengan panduan suara dengan membawakan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan lagu ibu kartini, dilanjutkan dengan tarian yang dibawakan oleh salah satu waria, serta hiburan organ tunggal dengan penyanyi-penyanyi dari waria sendiri.

Peserta ratu luwes ini di ikuti oleh 16 peserta, dengan penilaian busana dan keluwesan. Dari 16 peserta disaring menjadi 10 peserta. Sedangkan 10 finalis ini, di uji mengenai visi dan misi mengikuti acara ratu luwes ini, pengetahuan tentang HIV serta pengetahuan umum. Juri yang di tunjuk dari dinas kesehatan, dinbudpar dan pengamatan busana.

Acara pemilihan ratu luwes waria pemalang
Acara pemilihan ratu luwes waria pemalang

Banyak pertanyaan yang dijawab dengan serius akan tetapi juga sering dijawab dengan bercanda, hal ini memberi warna dan suasana yang penuh gelak tawa akan tetapi hal ini tidak mengurangi dari nilai yang akan dicapai.

10 finalis tersebut akan memperebutkan juara 1 sampai harapan 3, disamping itu juga di pilih peserta juara catwalk, costum terbaik dan make up terbaik, serta peserta favorit.

Sambil menunggu keputusan yuri ditampilkan fashion show dari Krisna salon, San San Salon dan Era Salon. Fashion show ini merupakan salah satu bukti bakat dari waria pemalang untuk menampilkan make up dan busana. Ada beberapa gaya yang ditampilkan yaitu busana betawi modern, busana muslimah modern, busana jawa modern dan busana bali modern.

20160430162216

Dari keputusan 3 yuri dan partisipasi dari para penonton maka di nyatakan peserta favorit Serly, Busana Terbaik Ratna, Rias Terbaik Indah, Catwalk terbaik Ceroline, untuk juara harapan 3 maya, 2. Falen, 1. Mia Sera, sedangkan juara 3. Disabet oleh Serly yang biasa di panggil Yadi, juara 2. Ceroline dan juara 1 ratu luwes waria pemalang dimenangkan oleh Lolita. (Red.HP/Sarwo Edy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × five =