PEMALANG – Jajaran polsek Ulujami secara periodik tanpa mengenal lelah mengadakan kegiatan kegiatan-kegiatan penyuluhan ke masyarakat secara umum maupun kepada ormas seperti pada Kamis(5/5), bertempat di Pantai Wisata Desa Kaliprau Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang di hadapan para peserta Pendidikan dan Latihan Pertama (Diklatama) VI Corp Brigade Pembangunan (CBP) Korp Pelajar Putri (KPP) PAC IPNU/IPPNU kecamatan Ulujami.

Dalam penyampaiannya Kapolsek Ulujami AKP. Bowo Widiyanto yang didampingi Kanit Binmas Aipda Lukman Hudi memberikan materi tentang 4 (empat) pilar wawasan kebangsaan, keagamanaan, pengetahuan dasar tentang paham radikalisme, tentang bahaya narkoba bagi kelangsungan hidup berkebangsaan dan bernegara untuk generasi mudan bangsa Indonesia juga pengetahuan tentang lalulintas.

Dikatakan oleh Kapolsek,”kondisi Negeri kita tercinta Indonesia saat ini masih menangis, apa sebabnya? Karena NKRI masih diacak-acak oleh kepentingan golongan tertentu, umat beragama Islam khususnya seakan diadu domba antara kelompok yang satu dengan yang lainnya saling mengklaim bahwa ajarannya yang paling benar adalah pada kelompoknya,” jelasnya.

Masih kata Bowo, jika ditilik dari sejarah berdirinya Islam, maka pada jaman jahiliyah, Islam adalah agama untuk membawa perdamaian dunia namun pada perkembangannya Islam di Indonesia pada saat sekarang, digunakan oleh kelompok tertentu yang mengatas namakan Islam untuk memecah belah Bangsa Indonesia. Salah satu contohnya, banyak masyarakat Islam Indonesia yang tertarik dan menjadi anggota kelompok Islam yang berada di luar negeri. Oleh karena itu kapolsek Ulujami berharap khususnya kepada generasi muda agar jangan mudah terpancing dengan janji-janji ataupun ajaran yang belum dipahami benar oleh mereka. Juga diingatkan oleh Kapolsek tentang pemahaman budaya asing yang masuk di Indonesia, harus diselaraskan dengan keanekaragaman budaya Indonesia serta budaya yang bersifat agamis.

Sedangkan mengenai pengatahuan lalulintas, Kapolsek mengatakan bahwa,” peraturan lalulintas yang dibuat bertujuan untuk melindungi pemakai jalan, pengendara, bukan untuk menyengsarakan,” jelasnya. Dalam kesempatan tersebut kapolsek juga memperagakan mengenai tanda atau isyarat lalulintas yang sering diperagakan oleh petugas dilapangan dengan tujuan agar masyarakat, khususnya generasi muda memahai dan mengerti betul isyarat yang diberilkan petugas sehingga masyarakat dapat mengikutinya agar menjadi lancar dan aman.

Terkait dengan kegiatan tersebut Komandan Dewan Koordinasi Anak Cabang (DKAC) IPNU/IPPNU kecamatan Ulujami, Yogi SLatif kepada HP, menjelaskan,”kegiatan yang diadakan bertujuan untuk mencari kader-kader baru Corp Brigade Pembangunan( CBP) dan Korp Pelajar Putri(KPP) dengan jumlah peserta 68 orang yang diambil dari pelajar di desa se kecamatan Ulujami sedangkan Kegiatan Pendidikan dan Latihan Pertama (Diklatama) VI Corp Brigade Pembangunan (CBP) Korp Pelajar Putri (KPP) PAC IPNU/IPPNU yang berlangsung mulai Rabu (04/05) sampai Jumat (06/05) tersebut diisi beberapa materi diantaranya adalah Orientasi Diklatama, tentang Ke NU-an, tentang IPNU, Aswaja, pemahaman dasar tentang CBP-KPP, bela diri, budaya kamtibmas, pertolongan pertama pada kecelakaan, dan 4 Pilar kebangsaann,” jelas Yogi.

Sedangkan terkait masalah pengisi materi, Yogi mengatakan,” pengisi materi jajaran Polsek Ulujami, PMI Pemalang, Banser Pemalang dan tim dari Pagar Nusa dan berharap dari hasil kegiatan tersebut para peserta dapat menyerap dan memahami materi-materi yang disampaikan oleh nara sumber, sehingga setelah pulang dari kegiatan para peserta diharapkan dapat menerpkannya dalam kehidupan bermasyarakat,” pungkasnya.( Joko Longkeyang)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × 2 =