Loano Road to Bogowonto Rafting II, Tebar Ikan Di Sungai Bogowonto

0
218

Purworejo, Harian Pemalang – Bogowonto adalah nama sebuah sungai yang terletak diwilayah Kabupaten Purworejo. Sungai yang berasal dari pegunungan sumbing Kabupaten Wonosobo yang berakhir di salah satu pantai di Kabupaten Purworejo, sabtu (28/05), pejabat kecamatan Loano mengadakan kegiatan yang dikemas dalam tema yang cukup menarik yakni Loro Bronto Rafting II atau Loano Road to Bogowonto Rafting II melanjutkan tema pada tahun kemarin, diikuti sebanyak 60 orang dari masyarakat Kabupaten Purworejo dan luar kota seperti Kebumen Magelang dan Jogja. Rafting yang digelar sekaligus untuk mengenalkan potensi wisata yang ada di wilayah Kabupaten Purworejo, utamanya dalam upaya mendukung Bank Sampah di Trirejo, juga bertujuan untuk memperat hubungan antar pejabat kecamatan Loano dan masyarakat sekitar.

Rute rafting yang diambil berawal dari start di Bendung Penungkulan Kecamatan Gebang, kemudian menyusuri sungai Bogowonto dan berakhir di Pasar Tambah kecamatan Purworejo dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam. Para peserta begitu antusias mengikuti kegiatan ini, walaupun sepanjang sungai yang dilalui dihadang oleh arus yang begitu deras, bahkan beberapa perahu sempat terjebak macet sebentar di atas batuan, namun demikian para peserta tetap semangat dan bersemangat untuk terus mendayung mencapai finish.
Sebelum sampai titik finis di bawah Jembatan Solotiang serah terima bibit ikan dari DPPKP kabupaten Purworejo yang di wakili oleh Musutopo sebanyak 10 ribu bibit ikan kepada Moch Zaenudin (PLT) Camat Loano dan turut hadir Polsek Loano dan jajaranya serta dari Dinas Pariwisata dalam penebaran bibit ikan sepanjang sungai Bogowonto.

Wahyudi panitia Loro Bronto II mengatakan sangat Bangga dengan kegiatan itu. Menurutnya, kegiatan semacam itu sangat positif selain untuk menjaga tetap terjaga sungai dengan ada nya penembaran bibit ikan, juga untuk memperkenalkan potensi wisata lokal yang ada di Purworejo. Sedangkan PLT Camat Loano Moch Zaenudin berharap kegiatan rafting ini bisa terus dilakukan, dimulai dari aparat pemerintah untuk memperkenalkan potensi wisata, masyarakat umum untuk bisa menjadi icon baru yang ada di Kabupaten Purworejo. Saya berharap, rafting ini bisa diagendakan lagi, dengan kemasan Festifal Bogowonto, dengan turut adil semua lapisan dari masyrakat potensi Bogowonto bisa lebih dikenal masyarakat di Purworejo utamanya dan luas pada umumnya “papar Zaenudin” (Red.HP/Ahmad Alwin Kamal)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

thirteen − 10 =