Dalam Bulan Ramadhan, Kapolres Pemalang Ajak Jaga Kerukunan Umat Beragama

0
88

Pemalang, Harian Pemalang – Menyambut Bulan suci Ramadhan 1437 H/2016 M Kapolres Pemalang, AKBP Kingkin Winisuda, S.H., S.I.K., mengadakan pertemuan dengan pengurus FKUB Pemalang, Selasa (31/05/2016).

Pertemuan tersebut dihadiri pula oleh Ketua MUI Kab. Pemalang, Maun Mas’ud, Kepala Kesbangpolinmas. Tetuko Rahardjo, Kepala Kemenag Kab. Pemalang, Perwakilan tokoh agama se-kabupaten Pemalang dan Kapolsek Jajaran Polres Pemalang.

Dalam sambutannya, Kapolres Pemalang menyoroti berbagai peristiwa yang dapat memecah sendi-sendi kerukunan umat beragama yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia dengan menggunakan motif-motif isu SARA, tudingan pemerintah yang diskriminatif, pembatasan gerak oleh pemerintah dan motif-motif baru dengan dalih agama, terorisme dan lain-lain.

Polres Pemalang dan Pemkab Pemalang telah berkomitmen untuk bekerja sama menjalin kemitraan dengan segenap unsur dalam mengelola dan memelihara kamtibmas hingga ke  level RT/RW di kelurahan/desa.

Salah satunya melalui Bijak dan Strategi Perpolisian Masyarakat (Polmas) dengan wadahnya Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) dengan program Quick Wins Polmas yaitu Door to Door System atau sambang tatap Muka langsung dengan tokoh dan masyarakat.

Dalam hubungannya dengan radikalisme, Kapolres Pemalang meyakini bahwa salah satu upaya bersama yang dinilai ampuh untuk mengatasi persoalan radikalisme/terorisme adalah dengan Program Deradikalisasi yaitu upaya menetralisir paham radikal bagi yang terlibat radikalsime/terorisme, para anggota dan para simpatisan dengan resosialisasi serta menanamkan Multi Kulturalisme dan Pluralisme.

AKBP Kingkin Winisuda juga menyampaikan harapannya agar Polres Pemalang bersama pemerintah daerah setempat maupun segenap komponen masyarakat yang ada bisa meningkatkan kerja sama dan berupaya seoptimal mungkin dalam mewujudkan komunikasi dan kemitraan guna menciptakan situasi Kamtibmas di wilayah Kabupaten Pemalang selalu aman dan kondusif (Red.HP/joko longkeyang)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × five =