Kembangkan Pola Gotong Royong, Relawan Peduli Kemanusian Jawa Tengah Adakan Bedah Rumah

0
88

Pemalang, Harian Pemalang – Relawan Peduli Kemanusian Jawa Tengah, merupakan suatu komunitas dari berbagai elemen masyarakat yang bertujuan untuk membangkitkan kembali rasa dan etos gotong royong. Salah satu program unggulan nya adalah bedah ataupun rehab rumah yag tidak layak huni, serta pemiliknya berasal dari golongan tidak mampu.

Menurut Budi Sudiarto, penasihat dari Relawan Peduli Kemanusian Jawa Tengah meyatakan,”salah satu program relawan peduli kemanusiaan Jawa Tengah adalah bedah rumah, hal ini merupakan upaya menumbuh kembangkan rasa gotong royong di masyarakat yang saat ini dirasa mulai berkurang.”

Suatu prestasi tersendiri bagi relawan peduli kemanusiaan Jawa Tengah yang sampai saat ini telah membedah sebanyak 7 buah rumah, dengan perincian 3 rumah di kabupaten Pekalongan dan 4 rumah di kabupaten Pemalang. Menurut Tarto Budi Harso “Program Bedah rumah ini murni swadaya dari masyarakat, donatur dan pelaksana lapangan termasuk tukang kayu, tukang batu maupun laden semuanya dilakukan dengan suka rela oleh para relawan dibantu masyarakat setempat.” Lebih lanjut Tarto menyatakan “Untuk lebih banyak rumah rumah yag daot direnovasi, direhab ataupun dibedah sangat tergantung terhadap kekompakan dan gotong royong dari masyarakat setempat, karena ini dari program ini merupakan penumbuh kembangkan gotong royong masyarakat yang dirasa mulai berkurang.”

Menurut Setyo Hadi Susilo, camat Ampelgading yang salah satu warganya di desa Sidokare mendapat program bedah rumah mengatakan “Hal seperti ini patut di contoh dan dikembangkan oleh masyarakat kita, masyarakat melalui koordinasi RT/RW bahkan Desa dapat menggalang suatu kerukunan untuk membantu tetangga ataupun warga yang sangat kurang mampu dengan rumah yang tidak layak huni.” Lebih lanjut, Setyo sangat memberi apresiasi sebesar besarnya kepada relawan peduli kemanusiaan Jawa Tengah yang telah meberikan contoh yang baik mengenai gotong royong.

Bagi masyarakat luas yang mau berpartisipasi dalam program peduli kemanusiaan Jawa Tengah dapat menghubungi Tarto Budi Harso di sekretariat relawan peduli kemanusiaan Jawa Tengah dengan alamat Desa Widodaren, RT 28/RW 04, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang. Ataupun yang ingin memberikan donasi dalam bentuk uang dapat ditransfer ke rekening BRI 5983-01-012942-53-0 atas nama KPR-RELAWAN PEDULI KEMANUSIAAN. (Red.HP/Sarwo Edy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

fifteen − nine =