Membangun Ekonomi Daerah Melalui Potensi Wisata

0
359
Obyek wisata Telaga silanting (trim foto oleh Zaenal Mustaqqiem)

Pemalang, Harian  Pemalang – Pemalang  merupakan  suatu daerah yang memiliki geografis  yang seimbang yaitu, dataran pantai sekitar 1-5 meter (dpl), dataran rendah sekitar 6- 15 meter (dpl), dataran tinggi 16-212 meter (dpl), dan pegunungan sekitar 213- 925 meter (dpl).

Secara administratif Kabupaten Pemalang terdiri dari 14 kecamatan yaitu Pemalang, Taman, Petarukan, Ampelgading, Comal, Ulujami, Bodeh, Bantarbolang, Randudongkal, Belik, Watukumpul, Moga, Warungpring dan Pulosari. Hal itu membuat banyak potensi yang dapat diberdayakan. Bidang Pariwisata tentu sangat mempunyai andil yang besar untuk menunjang perekonomian daerah Pemalang, selain itu juga menjadi prioritas daerah saat ini sebagai pengembang ekonomi. Usaha yang dilakukan adalah pemerintah melakukan pembenahan fasilitas dan memberikan  kepelatihan pengelolaan pariwisata atau pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM).

Pemalang dengan jumlah penduduk sekitar 1.262. 013 jiwa masih perlulebih  diberdayakan. Sehingga tidak terlalu banyak penduduk pergi merantau untuk mencari kebutuhan pokok di daerah lain. Mengatasi hal tersebut pemerintah harus terus mendorong warganya untuk melatih jiwa kewirausahaan yang dapat dikembangkan di daerah wisata. Namun sampai sekarang wisata daerah hanya sekadar wisata, jika saja dikelola sedikit oleh beberapa orang kemungkinan akan menumbuhkan perkonomian tempat di daerah terdapat pariwisata tersebut.

Upaya Pengembangan

Saat ini Pemalang telah banyak memiliki tempat yang mulai dikenal oleh masyarakat, bahkan dari masyarakat luar kota. Masing-masing tempat dari daerah pantai hingga pegunungan terdapat potensi wisata.

Hal yang perlu diperhatikan untuk menarik wisatawan, Pertama papan penunjuk arah atau papan informasi tentang tempat wisata di daerah Pemalang. Penaruhan papan tersebut dapat disebar di beberapa tempat untuk menjangkau promosi wisata daerah, supaya wisatawan dapat melihat saat melewati Pemalang. Kedua, Perbaikan jalur akses ke beberapa tempat. Hal ini tidak hanya bergantung pada pemerintah. Dapat meniru beberapa tempat yang telah berkembang di Pemalang seperti Wisata Obyek Curug Si Bedil, Desa Wisata Cikendung. Tempat tersebut menggunakan dana mandiri untuk pengelolaan wisata daerah. Ketiga, Pelatihan pengeloaan SDM. Di sini Dinas Pariwisata dapat menunjukkan perannya untuk memberikan informasi seputar pengelolaan wisata daerah. Sehingga SDM tempat pariwisata dapat diberdayakan.

Potensi Pemalang perlu mendapat sentuhan, 14 Kecamatan di Pemalang mempunyai potensi Wisata yang tentunya dapat memajukan perekonomian. ( Red.HP/Nurmansyah Triagus Maulana Prodi : Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Sebelas Maret (UNS))

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

thirteen + 17 =