Lindungi Buruh, Dinsosnakertrans Pemalang Buka Posko Pengaduan THR

1
319

Pemalang, Harian Pemalang -Setengah Bulan menjelang hari raya Idul Fitri 1437 H, Dinsos nakertrans Pemalang membuka posko Pengaduan pemberian tunjangan hari raya (THR) keagamaan bagi pekerja/buruh di Kabupaten Pemalang.

Ditemui dikantornya Jln. Gatot Subroto no:35 Pemalang, kepala Dinsosnakertrans Kabupaten Pemalang Akhmad Fatah melalui Kabid Hubungan Industrial, Syarat Kerja dan Pengawasan (hubinsatkerwas), Kamis(23/6) Drs. Mulyanto mengatakan,”Sebanyak 70 (tujuh puluh) perusahaan di kabupaten Pemalang sudah kami berikan surat edaran agar THR karyawan dibayarkan H-7 sebelum lebaran dan besarnya sesuai dengan masa kerja karyawan, dan jika ada perusahaan yang terlambat membayar akan dikenakan sanksi denda sebesar 5% dari nilai THR yang harus dibayarkan,” jelas Mulyanto.

Mulyanto, Kabid Hubungan Industrial, Syarat Kerja dan Pengawasan (hubinsatkerwas)
Mulyanto, Kabid Hubungan Industrial, Syarat Kerja dan Pengawasan (hubinsatkerwas)

 

Lebih lanjut dikatakan, “untuk memantau surat edaran yang sudah diberikan kepada sejumlah pengusaha, pihaknya akan terjun langsung melakukan pengawasan, cek and ricek ke perusahaan yang telah diberikan surat edaran dimulai dari H-7 sebelum Hari Raya Idul Fitri, bila dalam jangka waktu tersebut ada perusahaan yang tidak mentaati peraturan pembayaran THR sesuai peraturan, silahkan karyawan segera membuat laporan pengaduan di Kantor Dinsosnakertrans Kabupaten Pemalang akan kami lakukan penyelesain sesuai dengan mekanisme yang berlaku yaitu: mediasi (perundingan) dan apabila dalam tahapan tersebut tidak terselesaikan kan akan dilanjutkan ke tahapan selanjutnya sampai ke pengadilan khusus,” pungkasnya.(Red.HP/ Joko Longkeyang)

1 KOMENTAR

  1. untuk syarat mendapatkan thr apa mengikuti Ketatapan perihal aturan THR yang baru ini tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 6 Tahun 2016 Tentang Tunjangan Hari Raya (THR), Keagamaan bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan yang diundangkan mulai 8 Maret 2016. Aturan ini secara resmi menggantikan Permenaker Nomor PER.04/MEN/1994 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan bagi Pekerja di Perusahaan. Dengan ada aturan ini, pekerja dengan masa kerja satu bulan berhak mendapatkan THR…………………mohon penjelasannya

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 − 9 =