Sistem Siskamling Terpadu, Andalan FKPM Garuda Mas

0
107

Pemalang, Harian Pemalang – Terbentuknya Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) Garuda Mas desa Jatingarang kecamatan Bodeh kabupaten Pemalang beberapa waktu lalu, ditindak lanjuti dengan kegiatan nyata oleh FKPM Garuda Jaya dengan Pengadaan Balai Sekretariat FKPM, yang peresmiannya dilaksanakan pada Selasa (21/06). Bertempat di balai desa Jatingarang, kegiatan tersebut dihadiri Kepala desa Jatingarang beserta perangkatnya, Kapolsek Bodeh, Bhabinkamtibmas desa Bodeh, Babinsa desa Bodeh, tokoh masyarakat, tokoh agama dan seluruh anggota FKPM Garuda Mas desa Jatingarang.

Dalam sambutannya, Kapolsek Bodeh AKP Sudirman menyampaikan bahwa Polri menyambut baik dengan terbentuknya FKPM di desa Jatingarang, dengan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya. Hal tersebut dikarenakan di wilayah hukum polres Pemalang hanya ada 2 (dua) FKPM yang berjalan aktif, yaitu di Taman dan desa Jatingarang. Disampaikan juga terima kasih kepada FKPM Garuda Mas, karena sistem SISKAMLING terpadu yang dipeloporinya yaitu pembuatan pos kamling setiap RT di seluruh desa Jatingarang, pembinaan ke masyarakat tentang adanya ancaman keamanan di sekeliling dan mewaspadai bahaya paham radikalisme yang merongrong NKRI.

“FKPM Garuda Mas sudah menjadi mitra kepolisian jadi penegakan permasalahan di desa yang bersifat dapat dibina bisa diselesaikan di tingkat desa tanpa harus ditingkat kepolisian,” jelas Kapolsek AKP Sudirman.

Sementara itu Kepala Desa Jatingarang, Titis widiastuti,S.Pd menyampaikan ucapan terima kasih kepada FKPM Garuda Mas yang sudah bermitra dengan Polri, sehingga setiap permasalahan di desa bias diselesaikan dengan cepat dan membantu menstabilkan keamanan lingkungan desa Jatingarang.

“Saya mensuport secara penuh dengan hadirnya FKPM Garuda Mas di desa Jatingarang ini,” tegas Titis Widiastuti, S.Pd.

Peresmian balai Sekretariat FKPM ditandai dengan ditanda tanganinya prasasti peresmian balai tersebut serta membacakan Ikrar Cinta Pancasila oleh Anggota FKPM Garuda Mas.

Penandatanganan prasasti peresmian
Penandatanganan prasasti peresmian

Acara dilanjutkan kembali dengan sosialisasi kamtibmas oleh Polsek Bodeh dan Koramil Bodeh. Disela-sela buka puasa, Brigadir Windu, Bhabinkamtibmas desa jatingarang dan Serma Slamet, Babinsa desa Jatingarang secara bergantian memberikan wawasan tentang kamtibmas dan ancaman paham radikalisme yang merongrong NKRI.

Disampaikan dalam sosialisasinya oleh Brigadir Windu, bahwa selama bulan Ramadhan, menjelang, hari raya Lebaran dan sesudahnya peredaran uang di masyarakat pasti akan sangat tinggi. Untuk itu masyarakat dihimbau agar berhati-hati dan teliti dengan beredarnya uang palsu dimasyarakat. Selain uang palsu, hal yang juga memelukan perhatian masyarakat adalah beredarnya petasan (mercon) di masyarakat. Karena benda tersebut selain membuat rasa tidak nyaman warga juga membahayakan diri sendiri maupun orang lain, dihimbau agar tidak memainkan atau membunyikan petasan (mercon).

“Laporkan apabila terdapat penjualan petasan kepada FKPM ataupun ke petugas Polri,” jelas Windu. Disampaikan juga bahwa pada momen lebaran banyak tamu (pendatang) baik orang lain maupun famili, dihimbau untuk melaporkan kepada lingkungan (RT). Selain itu banyak wawasan yang disampaikan diantaranya adalah tertib lalulintas dengan pemasangan stiker di sepeda motor. (Red.HP/joko longkeyang)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

8 − 5 =