Rengginang, Jajanan Tradisional Nan Renyah

0
300

Purworejo, Harian Pemalang – Rengginang merupakan jajanan tradisional yang di buat dari beras ketan. Jajanan tradisional ini termasuk jajanan warisan turun temurun dari generasi ke generasi di beberapa daerah.

Di kabupaten Purworejo, banyak produsen skala rumah tangga yang memproduksi rengginang. Salah satunya di daerah Kampung Sabrang Kulon, Desa Brunorejo, Kecamatan Bruno Kabupaten Purworejo.

Proses pembuatan rengginang disini masih tradisional dan banyak menggunakan tenaga manusia. Bahan baku utamanya adalah beras ketan. Salah satu produsen rengginang, adalah Mbah Mus. Menurut mbah Mus pemilihan bahan baku beras ketan merupakan hal utama. Beras ketan yang dipilih dalam kondisi bersih, tidak bau apek, dan tidak berjamur. Hal ini di lakukan agar mendapatkan hasil rengginang yang berkualitas, baik dalam rasa maupun tampilan rengginang tersebut.

Mbah Mus, menuturkan, Dalam proses pembuatan, beras ketan di rendam terlebih dahulu selama kurang lebih 1 jam, agar beras ketan terasa lebih empuk. Siapkan bumbu yang akan digunakan untuk membuat rengginang. Setelah di rendam, kemudian kukus ketan selama 30 menit. Campurkan beras ketan dengan bumbu yang telah di sediakan, kukus kembali beras ketan yang telah dicampuri bumbu selama 1 jam. Setelah selesai waktu pengukusan, angkat beras ketan kemudian cetak dalam bentuk bulatan pipih. Tahap selanjutnya yaitu pengeringan, pengeringan ini di lakukan di bawah terik matahari.

Beberapa kendala dalam memproduksi rengginang, antara lain Harga beras ketan kerap tidak stabil, dan kami memiliki pasokan cukup lancar yang rutin datang minimal dua kali dalam sepekan. Kendala lain yang sering menghambat pengrajin rengginang di Kampung Sabrang Kulon adalah faktor cuaca. Para pengrajin sangat kesulitan ketika hujan tiba, karena proses pengeringan menjadi tidak maksimal. Ketika hujan tiba mereka lebih memilih untuk tidak memproduksi rengginang, resiko yang di dapatkan ketika tidak maksimal dalam pengeringan yaitu rengginang akan berjamur, rasa dan bentuknya juga tidak sebaik ketika di keringkan di bawah teri matahari.

Masyarakat kerap memesan rengginang ketika mempunyai hajatan dan menjelang lebaran. Rengginang dapat di beli di outlet pasar Bruno dan juga bisa ke rumah produksi langsung di Kampung Sabrang Kulon. (Red.HP/ kontributor purworejo, AAK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

seven − 5 =