Jangan Abaikan Keselamatan, Bak Terbuka Bukan Untuk Angkut Orang

0
166

Pemalang, Harian Pemalang , Selama masa lebaran 2016 banyak terlihat kendaraan bak terbuka baik jenis pick up maupun truck yang digunakan untuk mengangkut orang. Banyak alasan dimana masyarakat menggunakan bak terbuka untuk alat transportasinya antara lain lebih murah dan mampu membuat banyak orang, akan tetapi mengabaikan segi keselamatan.

Hal ini menjadi perhatian polres Pemalang, dimana selama pelaksanaan ORC (Operasi Ramadniya Candi) 2016, Polres Pemalang  menertibkan kendaraan-kendaraan yang digunakan tidak sesuai peruntukannya, seperti kendaraan dengan bak terbuka yang seharusnya digunakan untuk mengangkut barang dan hewan justru digunakan untuk mengangkut penumpang.

Penertiban dilakukan dengan menurunkan penumpang pada kendaraan-kendaraan dengan bak terbuka dan diarahkan untuk menggunakan kendaraan yang layak dan memenuhi aspek keamanan dan keselamatan seperti bus, micro bus, Elf, angkot dan angkudes.Penertiban tersebut dilakukan karena polisi sangat peduli akan keamanan dan keselamatan jiwa, jelas Kapolres Pemalang, AKBP Kingkin Winisuda, S.H., S.I.K.

Menurut Kapolres, selain menimbulkan terjadinya potensi-potensi Lakalantas, kendaraan truk bak terbuka atau angkutan barang yang dialih fungsikan menjadi angkutan orang ini, juga telah melanggar peraturan perundang-undangan nomor 22 tahun 2009 pasal 303 tentang lalu lintas angkutan jalan.

Apalagi beberapa kasus kecelakaan telah terjadi di wilayah hukum Polres Pemalang terhadap mobil truk dengan bak terbuka membawa orang atau pekerja mengalami kecelakaan dan menimbulkan korban jiwa meninggal dunia serta banyak mengalami luka-luka. (Red.HP/joko longkeyang)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

9 − 6 =