Pedagang Nakal Jual Es Krim Abal Abal

0
1252

Pemalang, Harian Pemalang – Persaingan usaha memang hal biasa, apabila hal tersebut dilakukan dalam prinsip-prinsip persaingan sehat. Persaingan ini tidak hanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar saja, bahkan dalam skala kecil pun persaingan usaha juga sangat terasa. Seperti yang dialami oleh para pedagang es krim keliling di Pemalang.

Kanto, salah satu pedagang es krim keliling dari agen penjualan es krim keliling resmi PT. Campina Ice Cream Industry mengeluhkan, “Saat ini banyak penjual es krim yang tidak jujur. Hal ini terlihat beberapa pedagang es dengan merek lain (red : terutama produksi rumah tangga) menggunakan atribut merek Campina. Atribut itu dapat berupa pemakaian logo di sepeda, kaos atau baju bahkan melodi suara.”

Senada dengan Kanto, pedagang lain, Rinto juga mengeluhkan hal yang sama, “Saya bahkan pernah di marahi konsumen, gara-gara anaknya membeli es krim abal-abal yang beratribut Campina menyebabkan sakit perut bahkan harus di opname di rumah sakit.”

“Memang kami tidak dapat membedakan mana pedagang es krim Campina asli mana yang palsu, karena dari kejauhan atribut yang dipakai sama. Kami orang dewasa pun kesulitan apalagi anak saya.” Jelas Sugeng salah satu warga masyarakat.

Edy, selaku penanggung jawab agen es krim keliling PT. Campina di kecamatan Pemalang, juga membenarkan kasus tersebut. Menurut dia, “agen selaku operator penjualan keliling tidak mampu dan berhak untuk menindak pemakaian merek tersebut. Yang paling berhak menindak adalah PT. Campina Ice Cream Industry selaku pemilik merek tersebut. Oleh karena itu, Saya selaku mitra dari Campina berharap ada ketegasan dalam hal ini, pihak Campina harus tegas terhadap pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang menggunakan atribut Campina.”

Kondisi seperti ini tentunya akan merugikan berbagai pihak antara lain konsumen. Pembeli atau konsumen terasa dibohongi karena pemakaian atribut yang dipakai tidak sesuai dengan barang yang dijualnya. Pihak pemilik merek tentunya lebih di rugikan karena pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab memakai atribut Campina untuk memasarkan produk lain, dan tentunya akan menyebabkan berkurangnya kepercayaan masyarakat terhadap merek tersebut, khususnya di begadang es krim keliling.

Pihak Campina yang di mewakili oleh Romi, selaku Area Sales Office yang membawahi area Cirebon, purwokerto dan Pemalang/Tegal menyatakan, “kami sangat di rugikan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dengan memakai atribut Campina untuk memasarkan produk lain. Oleh karena itu kami akan menindak tegas pihak-pihak yang memakai atribut Campina tersebut.”

Agar masyarakat tidak tertipu dengan pedagang es krim keliling, maka disarankan agar lebih berhati-hati, kenali penjual/pedagang nya, teliti produk es krim nya, apabila tidak ada logo Campina nya berarti bukan produk Campina. Konsumen dapat membatalkan transaksi tersebut.(Red.HP/sarwo edy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

three − 1 =