“Road Blocker” Amunisi Baru Polres Pemalang

0
226

 

Pemalang, Harian Pemalang – Tindak pidana kriminal maupun tindak pidana terorisme, Saat ini berkembang dengan pesat. Oleh karena itu dalam rangka mengantisipasi  tindak pidana kriminal, terorisme atau tindak pidana lainnya, Polres Pemalang menggelar pelatihan cara penggunaan ROAD BLOCKER bagi anggota Polres. Pelatihan dilaksanakan dua kali, yang pertama pada hari Sabtu (16/07) dengan peserta khusus anggota Dalmas dan pelatihan kedua  minggu (17/07) di ikuti oleh seluruh anggota Bag dan Sat.

Dalam paparannya Kapolres Pemalang AKBP Kingkin Winisuda, S.H., S.I.K melalui Kasat AKP Trio Prabowo, S.H menerangkan tata cara penggunaan / penggelaran alat ROAD BLOCKER kepada seluruh anggota serta manfaat / fungsinya.

Adapun tata cara penggunaan alat ROAD BLOCKER sebagai berikut :

1.    Tarik alat menggunakan sistem tali yang tersedia. ROAD BLOCKER akan memanjang sesuai tarikan atau maksimal 8 Meter. Ban yang melintas di atasnya akan tertembus paku pipa, akan kempis dalam 30 detik.

2.    Untuk melipat kembali tarik tali ke berlawanan arah sambil menggulung tali.

3.    Untuk mengganti paku pipa yang rusak gunakan alat penggantinya. Lepas paku yang rusak lalu masukkan paku yang baru.

Adapun manfaat dan fungsi ROAD BLOCKER sebagai berikut :

–       Merupakan alat Barikade oleh aparat keamanan dalam rangka kondisi darurat atau keamanan supaya pelaku tindak pidana terorisme / tindak pidana lainnya terhambat / terhenti dalam menuju sasaran karena cara kerja ROAD BLOCKER membuat kendaraan roda dua maupun roda empat atau lebih terhenti saat melintas di atas alat tersebut, itu semua disebabkan karena paku yang terpasang akan menusuk roda kendaraan yang melintas sehingga , kendaraan tersebut akan oleng bahkan berhenti karena kehabisan tekanan angin ban ( gembes).

–       Hal itu akan memberi ruang atau kesempatan petugas untuk melakukan tindakan antisipasi atau melumpuhkan pelaku tindak pidana teroris atau tindak pidana lainnya sebelum sampai pada sasaran.

Seluruh anggota tampak antusias memperhatikan arahan Kasat Sabhara serta semangat dalam mengikuti pelatihan penggunaan ROAD BLOCKER tersebut.

Polres Pemalang memiliki 19 unit ROAD BLOCKER dari Polda Jateng yang selanjutnya di distribusikan ke jajaran dengan rincian 14 unit untuk Polsek jajaran, dan 2 unit untuk Satlantas serta 3 unit untuk Satsabhara.

Semoga Pelatihan ini akan bermanfaat bagi anggota Polri dalam melaksanakan tugas dilapangan sehingga mampu bertindak secara profesional karena mengingat tindak kejahatan saat ini sudah menggunakan alat – alat yang modern sesuai dengan perkembangan tehnologi. (Red.HP/joko longkeyang)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

10 − one =