Triwulan Kedua Inflasi Pemalang Sebesar 0,98

0
111

Pemalang, Harian Pemalang – Bertempat di ruang rapat Bappeda kabupaten Pemalang, Selasa (26/7) Marsudijono, kepala kantor Badan Pusat Statistik Kabupaten Pemalang menyampaikan paparannya tentang indeks harga konsumen/inflasi kabupaten Pemalang tahun 2016 sampai bulan Juni 2016 atau pada triwulan kedua tahun 2016.

Marsudijono, menyampaikan bahwa Per Juni 2016 Inflasi Pemalang sebesar 0,98 . indeks Inflasi merupakan salah satu indikator penting yang dapat memberikan informasi tentang dinamika perkembangan harga barang dan jasa yang dikonsumsi masyarakat itulah kenapa informasi tentang inflasi sangat penting.
Inflasi yang juga merupakan indikator pergerakan antara permintaan dan penawaran di pasar riil terkait erat dengan perubahan tingkat suku bunga, produktivitas ekonomi, nilai tukar rupiah dengan valuta asing, indeksasi anggaran dan parameter ekonomi makro lain.

Inflasi tersebut didasarkan pada 331 komoditas yang terbagi dalam tujuh kelompok pengeluaran yakni pertama: bahan makanan, kedua: makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau, ketiga: perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar, keempat: sandang, kelima: kesehatan, keenam: pendidikan, rekreasi dan olahraga, ketujuh: transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan.

Dalam paparannya, Marsudi menyampaikan bahwa
di bulan April Kabupaten Pemalang mengalami deflasi sebesar 0,40. Sedangkan sampai bulan Juni 2016 Inflasi Kabupaten Pemalang sebesar 0,98 lebih rendah dibandingkan inflasi nasional sebesar 1,06.
Jika dilihat Year to Year, per Juni 2016 inflasi Pemalang sebesar 3,28. Meskipun pada akhir triwulan II Tahun 2016 Inflasi di Kabupaten Pemalang sebesar 0,43 lebih rendah dari inflasi nasional, tetapi lebih besar dari inflasi Jawa Tengah. (Red.HP/sarwo edy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

ten + eight =