Bupati Pemalang : Kenali Penularan Kusta Sejak Dini

0
78

Pemalang, Harian Pemalang – Bertempat di hotel Winners, rabu (3/8) dihadapan ratusan peserta yang terdiri dari Dokter, juru rawat dan perwakilan dari SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pemalang. Hadir pula perwakilan dari Kemenkes RI dan perwakilan dari Dinas kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Dalam acara advokasi dan sosialisasi intensifikasi penemuan kasus kusta dan frambusia Kabupaten Pemalang, bupati Pemalang memberikan sambutan yang dibacakan oleh Staf ahli Bupati bidang kemasyarakatan dan SDM, dr.Humartono.

Bupati dalam sebutannya menyatakan berdasarkan data yang ada pada tahun 2015 di Jawa Tengah tercatat sebanyak 1807 kasus kusta baru. Yang perlu mendapat perhatian dari kasus sebanyak itu, mayoritas terdapat di wilayah pantai utara Jawa Tengah, dari jumlah tersebut, di Kabupaten Pemalang ada sekitar 154 kasus.

Dikatakan, jumlah kasus sebanyak itu sebagian besar disebabkan karena kurang cepatnya respon masyarakat terhadap potensi kemunculan penyakit kusta dilingkungan sekitarnya.
Masyarakat belum begitu memahami gejala – gejala awal dari penyakit kusta dan frambusia, sehingga mengabaikan hal tersebut dan pada akhirnya menyebabkan terjadinya penularan kepada pihak lain.

Menurut bupati, “Apabila kita mengenali secara dini setiap gejala awal dari penyakit kusta dan frambusia, kita akan bisa dengan cepat melakukan langkah- langkah yang diperlukan, agar penyakit – penyakit tersebut tidak menular”. (Red.HP/sarwo edy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × 3 =