Jurnalisme Kritis Dan Santun, Sarasehan Jurnalistik

0
183

Semarang, Harian Pemalang – Sebanyak 30 jurnalis dari grup Harian Jateng Network, berkumpul di ruang aula KODIM 0733 BS/Semarang, Sabtu (6/8). Grup Media berita online yang menaungi Harian Jawa Tengah, Harian Semarang.com, harianblora.comHarian Wonosobo.comHarian Demak.comkoransemarang.com, IslamCendekia.com, harianpemalang.com, Harian Wonogiri.com, harianpurworejo.com. Selain Halal bihalal, acara ini di lanjutkan dengan dan sarasehan jurnalistik dengan tema “Jurnalisme Kritis Dan Santun” yang berlangsung dari pukul 08.40 sampai 15.15 wib.

Hamidullah Ibda, CEO HJNetwork mengemukakan “HJNetwork ini beranjak dari idealisme mahasiswa untuk membangun suatu media yang anti mainstream yang dapat membangun masyarakat di jawa tengah maupun daerah daerah lain”

Pemateri utama, Rosidi, humas Universitas Muria Kudus, memberikan materi “Jurnalisme Kritis Dan Santun” menjelaskan bahwa “saya tidak sependapat dengan bad news, good news, paradigma ini perlu dirubah, jurnalis yang baik tentunya dapat memberi suatu solusi dari permasalahan yang ada.” Lebih lanjut Eros panggilan akrab Rosidi, “dalam media berita online daerah tentunya perlu adanya keunikan sebagai ciri khas media tersebut, serta perlu adanya konsistensi dalam mengelola suatu media.”

Acara terakhir sarasehan ini membahas manajemen media online. Menurut Eros, “media on line harusnya mempunyai pembeda dengan media mainstream yang sudah ada. Perlu adanya pembeda, kekhasan dan keunikan, sehingga media tersebut dapat meraih kepercayaan dari dewan pembaca.” Lebih lanjut Eros menekankan bahwa Kecepatan dan ketepatan berita merupakan suatu kunci keberhasilan dari berita online. Serta masalah typo dan tata bahasa perlu diperhatikan karena kesalahan penulisan dapat bermakna lain.” (Red.HP/sarwo edy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

five + 17 =