Di Taman Patih Sampun, H. Junaedi, Canangkan Gerakan Gemar Makan Sayur (Gemayur)

0
255

Pemalang, Harian Pemalang – Kadang kita mendengar ibu-ibu mengeluhkan, anaknya susah makan sayur mayur. Banyak anak anak tidak suka makan sayur, mintanya “garingan” yang tidak banyak nilai gizinya. Hal ini merupakan salah satu alasan perlu adanya Gerakan Makan Sayur  (Gemayur).

Bertempat di Taman Patih Sampun Jl. Gatot Subroto Pemalang, Rabu (10/8) Bupati Pemalang, H. Junaedi, SH.MM mencanangkan Gerakan Gemar Makan Sayur (Gemayur). Menurut bupati, “Pemalang merupakan kabupaten pertama di Jawa Tengah yang telah mencanangkan Gemayur. Namun demikian setelah pencanangan masih banyak lagi langkah lain yang harus ditempuh untuk memasyarakatkan Gemayur, sehingga Gemayur bisa menjadi pola hidup bagi masyarakat.”

Lebih lanjut bupati mengajak kepada masyarakat di seluruh Kabupaten Pemalang untuk selalu mengkonsumsi sayur setiap hari, dan membiasakan anak-anak mengkonsumsi sayur sejak dini. Agar anak-anak penerus bangsa bisa tumbuh menjadi generasi yang sehat, cerdas dan kuat baik fisik maupun mental.

Bupati menekankan, “Sayur tidak harus membeli, kita bisa memafaatkan tanah pekarangan maupun halaman rumah, untuk ditanami sayur mayur yang cocok sesuai dengan kebutuhan. Apabila tidak memiliki pekarangan atau halaman rumah yang cukup, kita masih dapat menanam sayur melalui teknik hidropolik maupun vertikultur (tanaman bertingkat).”

Sebab itu bupati meminta kepada Kantor Ketahanan Pangan (KKP) dan Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dipertanhut) Kabupaten Pemalang agar secara intensif mensosialisasikan pemanfaatan tanah pekarangan dan teknik penanaman sayur hidropolik maupun vertikultur.

Kepada Tim Penggerak (TP) PKK, bupati juga meminta agar informasi tersebut diteruskan kepada kader-kadernya. TP. PKK diharapkan secara intensif memberikan pembinaan dan pengarahan kepada ibu rumah tangga, agar lebih kreatif lagi dalam mengolah sayur sebagai menu makan sehari-hari. Sehingga kebutuhan sayur keluarga bisa terpenuhi, dan anak-anak lebih tertarik dalam mengkonsumsi sayur.

Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kabupaten Pemalang, Ir. Rohadi, M.Si. Sebagai ketua penyelenggara mengatakan tujuan kegiatan gerakan gemar makan sayur adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat, akan arti pentingnya mengkonsumsi sayur dan buah, dalam meningkatkan kualitas hidup. Selain itu juga untuk mendorong kreatifitas masyarakat, khususnya para ibu rumah tangga serta remaja putri, dalam mengolah sayur untuk konsumsi keluarga.

Selain pameran teknik-teknik budidaya tanaman yang ramah lingkungan, hemat air dan hemat lahan, dalam kegiatan tersebut turut digelar pula sejumlah lomba. Beberapa lomba diantaranya, lomba mewarnai sayur dan buah bagi anak-anak TK dan PAUD, lomba makan sayur bagi siswa SD, dan lomba memasak sayur bagi SMA/SMK . (Red. HP/Sarwo Edy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

four + 7 =