Dirgahayu Republik Indonesia Ke 71, SMK Muhammadiyah Ulujami Tanamkan Patriotisme Dan Nasionalisme

0
104

Pemalang, Harian Pemalang – Nasionalisme dan patriotisme tentunya modal dasar para pejuang untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia ini. Para pejuang dan seluruh bangsa Indonesia rela berkorban harta, benda bahkan nyawa bagi berdirinya Republik Indonesia ini.

Oleh karena itu kita penerus bangsa hendaknya dapat mengisi kemerdekaan ini dengan semangat nasionalisme dan patriotisme. Seperti yang dikemukakan oleh Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah Ulujami, Suhardi MPd. Menurut Suhardi makna kemerdekaan dalam memperingati hari kemerdekaan RI ke 71 adalah suatu Momentum sangat bagus sekali untuk menanamkan patriotisme dan nasionalisme disegenap Civitas akademika.

Suhardi menekankan, “Pada dunia pendidikan baik guru maupun peserta didik, masalah patriotisme dan nasionalisme harus ditanamkan ke peserta didik, dikarenakan peserta didik bisa jadi tidak atau belum mengerti tentang perjuangan para pendahulu kita. Oleh karena itu momen-momen seperti ini harus kita tanamkan rasa patriotisme dan nasionalisme dengan berbagai cara misalnya membuat anak didik bisa mencintai atribut dan simbol-simbol negara, terlebih di Muhammadiyah.”

“Berdirinya negara kesatuan Republik Indonesia tidak lepas dari peran aktif tokoh Muhammadiyah sehingga kemerdekaan yang diraih harus dibuktikan dengan karya nyata dan Muhammadiyah Insya Allah sudah membuktikan dengan karya nyata di semua elemen dan Akan berlanjut secara terus menerus,” tandas Suhardi. (Red. HP /Joko Longkeyang)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × 2 =