Embung Sikunang, Harapan Warga Pulosari Setelah Ruwat “Banyu Panguripan”

0
266

Pemalang, Harian Pemalang – Pemalang mempunyai daerah pantai sampai pegunungan. Permasalahan terkait dengan bencana alam biasanya banjir akibat rob, kekeringan dan tanah longsor, seperti yang diungkapkan oleh Bupati Pemalang ketika menghadiri Festival Wong Gunung yang diselenggarakan oleh pemerintah dan masyarakat Pulosari.

Salah satu daerah yang sering mengalami kekeringan adalah kecamatan Pulosari. Oleh karena itu dengan adanya ruwat banyu panguripan ini masyarakat Pulosari memanjatkan doa kepada Tuhan, agar tahun tahun mendatang dijauhkan dari bencana kekeringan. Akan tetapi upaya fisik untuk mengentaskan masyarakat dari bencana kekeringan tentunya perlu diupayakan.

Guna menghindari bencana kekeringan dan mendapatkan pasukan air baku yang cukup memenuhi kebutuhan masyarakat sepanjang tahun maka timbul ide untuk membuat embung penampungan air di kecamatan Pulosari. Ide ini disampaikan oleh Agus Supriyanto sebagai perwakilan dari Action For Pemalang (AFP), untuk membuat embung Gunung Desa.

Menurut Agus, lokasi yang dipilih terletak di sisi selatan desa Jurangmangu, dengan memanfaatkan di aliran sungai sikunang. Embung ini menjadi impian warga desa jurangmangu khususnya dan pulosari pada umumnya.

Keberadaan embung akan membantu pasokan air untuk kebutuhan warga sepanjang musim. Selain jurangmangu, desa desa sekitar seperti Gambuhan , Karangsari, Gunungsari, Cikendung, Nyalembeng, sebagian pulosari akan dapat manfaat dari embung ini.

Lokasi di ketinggian dan pada lembah alami menjadikan sikunang ideal untuk embung pertama di kawasan gunung. Keberadaan embung ini bagi desa Jurangmangu, dapat menjadi tujuan wisata pilihan selain pengembangan lokasi titik pendakian ke gunung slamet.

Semoga impian wong gunung ini terdengar dan terpantau pihak terkait, sehingga besar harapan dapat tercapai. (Red. HP /Sarwo Edy)

  • Terima kasih Foto  by  Agus Supriyanto

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

11 − 6 =