Pondok Rembulan Tawarkan Suasana Desa Karangmoncol, Randudongkal

1
437
Homestay Pondok Rembulan di Desa Karangmoncol, Randudongkal

Pemalang, Harian Pemalang – Homestay Pondok Rembulan, merupakan rintisan usaha dari Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan (P2MKP) Mina Tani, beralamat blok Asem Timur no 63 Rt 10, RW 13 Karangmoncol, Kecamatan Randudongkal ini cukup menarik perhatian. Hamparan sawah di depan homestay bagaikan permadani dan pemandangan yang menyejukkan mata. Apabila memandang ke sebelah Selatan dapat kita lihat perbukitan kaki gunung Selamet yang membentang dari arah barat ke timur.

Hamparan sawah dan pemandangan bukit, salah satu yang ditawarkan Pondok Rembulan
Hamparan sawah dan pemandangan bukit, salah satu yang ditawarkan Pondok Rembulan

Menurut Tolibin , pemilik dan pengelola Homestay mengatakan,   Homestay ini merupakan rintisan usaha baru karena sebelumnya merupakan Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) dan sekarang menjadi Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan Dan Perikanan (P2MKP) Mina Tani. Lebih lanjut Tolani menjelaskan Homestay yang dikelolanya menyediakan 4 (empat) kamar yang terdiri dari 1 kamar famili yang berisi 3 tempat tidur, kamar mandi dan dilengkapi Fan, dan 3 kamar standar. Pengunjung tidak harus booking semua Homestay, tetapi dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Disamping itu Homestay dilengkapi dengan dapur dan ruang pertemuan untuk rapat kapasitas 20 orang, ruang keluarga, serta musholla. Satu lagi yang menjadi unggulan adanya menara pandang, pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan hamparan sawah serta Hijaunya pepohonan di atas bukit.

“Pengunjung dapat menikmati kolam pemancingan dan terapi ikan secara gratis, untuk malam hari dapat menikmati kesenian sintren yang digelar di Balai desa Karangmoncol yang berjarak hanya 100 m an dari penginapan.” jelas Tolibin. Sedangkan untuk aktivitas alam terbuka pengunjung dapat menikmati jernihnya sungai Comal dan bermain di sawah.

Selain menyediakan Homestay, Mina wisata Pondok Rembulan ini juga menyelenggarakan paket pendidikan budidaya ikan air tawar. Paket yang ditawarkan adalah budidaya ikan hias, gurami dan lele. “Masalah harga penginapan dan biaya pendidikan, kami pastikan lebih murah dibanding tempat lain, karena kami tidak hanya mengejar profit semata melainkan adanya unsur edukasi, sosial dan pengenalan Pemalang ke masyarakat luas” tegas Tolibin. (Red HP /Sarwo Edy)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 + 10 =