Hari Ulang Tahun Ke – 71 PMI cabang Pemalang Peringatan Besar- Besaran

0
232

Pemalang, Harian Pemalang – Bertempat di Gedung Serbaguna Pemalang, Rabu (21/9), Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang memperingati hari jadinya yang ke – 71

Hadir dalam HUT PMI tersebut Sekda Pemalang Drs. Budi Raharjo MM, mewakili Bupati Pemalang, Forkopimda, masyarakat, para pendonor.

Berdasarkan jumlah seringnya donor darah, pendonor digolongkan menjadi pendonor yang sudah 25 kali sebanyak 100 orang, pendonor sebanyak 50 kali: 9 orang, dan pendonor sebanyak 75 kali sebanyak 4 orang. Bagi pendonor sebanyak 50 kali dan 75 kali atau lebih akan mendapatkan penghargaan dari Gubernur Jateng. Bersama  undangan lainnya yang akan menerima penghargaan atas partisipasinya menjadi pegiat kemanusiaan.

Dalam sambutannya Bupati Pemalang yang dibacakan oleh Sekda Budi Raharjo menyampaikan, “atas nama masyarakat Kabupaten Pemalang mengucapkan Dirgahayu Kepada PMI ke-71, semoga PMI akan dapat terus meningkatkan pengabdiannya di dalam menjalankan program kemanusiaan untuk membantu masyarakat secara profesional dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada PMI yang selalu hadir dibarisan paling depan dalam membantu bencana dan penanggulangan paska bencana dan hal inilah yang menjadikan PMI Kabupaten Pemalang mendapat kepercayaan di hati masyarakat dan perlu dicatat sepanjang sejarah perjalanan PMI selalu mendapat peranan penting bagi bangsa dan rakyat Indonesia yaitu pada masa perjuangan kemerdekaan PMI selalu hadir bersama rakyat Indonesia dalam perjuangan dan mempertahankan RI. “.

Lebih lanjut Bupati juga mengatakan PMI juga selalu hadir ditengah masyarakat yang sedang tertimpa bencana dengan tindakan nyata tidak hanya sekedar memberikan pertolongan pertama namun sampai pada mendampingi para korban bencana dengan cara memberikan motivasi, menguatkan mental agar mereka yang tertimpa bencana bangkit dari keterpurukan.

Sementara itu ketua Panitia penyelenggara HUT PMI Ke-71, Suhirman diwawancarai ditengah-tengah kegiatan tersebut menyampaikan, “persiapan untuk pelaksanaan HUT PMI ke-71 sekitar tiga bulan dengan dan rangkaian acara sudah mengalir dari tanggal 6 September diawali dengan kegiatan bedah rumah, santunan ke panti asuhan dan puncaknya hari ini Rabu (21/9).”. Terkait kegiatan donor darah di acara puncak HUT PMI Suhirman mengatakan, target 300 (tiga ratus) kantong darah semoga bisa tercapai dan berharap PMI bisa memasyarakat.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua PMI Pemalang H. Abdul Kadir menyampaikan ,” peringatan HUT biasa dilaksanakan setiap tahun namun, baru pertama kali ini diperingati secara besar-besar dengan melibatkan berbagai instansi dan elemen masyarakat dengan maksud bahwa PMI itu mengharap dukungan dari masyarakat. Hal ini membuktikan bahwa PMI memang diabdikan untuk masyarakat secara Profesional. PMI akan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dari segala aspek, sebagai tupoksi PMI.”

Abdul Kadir juga mengatakan, secara umum pemalang tidak pernah mengalami kekurangan stok darah, namun pada bulan Puasa stok darah hanya bisa dicukupi 80% tetapi bukan berarti tidak bisa diatasi, PMI memberikan solusi apabila stok darah di PMI tidak ada bisa mengambil darah dari kelurganya sebagai pengganti. Kedepan PMI berharap mendapat simpati dari masyarakat yang lebih baik dari sekarang dan setiap masyarakat yang membutuhkan darah bisa tercukupi oleh PMI. Selain kegiatan donor darah, PMI juga menanamkan budaya kemanusian dari usia dini, di sekolah ada Palang Merah Remaja dari SD, SMP dan SMA.(Red HP /Joko Longkeyang)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

twelve − one =