Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan Di Pasar Comal Pemalang

0
307
Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Pekalongan dan kepala kantor cabang pembantu BPJS Ketenagakerjaan Pemalang beserta petugas lapangan

Pemalang, Harian Pemalang – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) ketenagakerjaan cabang pembantu Pemalang bersama-sama cabang Pekalongan melakukan program Edukasi Pasar Rakyat, Bagi Peserta Bukan Penerima Upah lingkungan Pedagang Pasar. Mengambil tempat di depan pasar Comal, Kamis (22/9) BPJS ketenagakerjaan cabang Pemalang melakukan jemput bola dan sosialisasi kepada pedagang maupun pembeli, serta para pekerja mandiri dilingkungan pasar Comal.

Menurut Bambang Indriyanto, Kepala Bidang Pemasaran BPJS ketenagakerjaan Pekalongan mengatakan, “Dalam kegiatan Edukasi Pasar Rakyat ini, kami menerjunkan sebanyak 23 tenaga lapangan guna memberi penjelasan tentang BPJS ketenagakerjaan di lingkungan pasar Comal. Disamping itu petugas lapangan juga menerima pendaftaran langsung BPJS ketenagakerjaan dari para pedagang maupun tenaga kerja mandiri yang ada di lingkungan pasar Comal. ”

BPJS ketenagakerjaan Pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) adalah pekerja yang melakukan kegiatan atau usaha ekonomi secara mandiri untuk memperoleh penghasilan dari kegiatan atau usahanya tersebut. Yang termasuk BPU antara lain tukang obeng, supir, pedagang keliling, dokter, pengacara, artis dan lain-lain.

Kepala cabang BPJS ketenagakerjaan Pekalongan, Bambang Gunadi mengatakan “Sebenarnya para pekerja mandiri di lingkungan pasar ini rentan terhadap kecelakaan, oleh karena itu kami dari BPJS ketenagakerjaan mengajak untuk ikut dalam program BPJS ketenagakerjaan BPU.” Dalam BPJS ketenagakerjaan ini ditawarkan 3 (tiga) program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Hari Tua (JHT). Peserta wajib mengikuti program JKK dan JKM, sedangkan program JHT bersifat sukarela. Untuk besarnya iuran tergantung dari masing paling peserta, karena besarnya iuran ini akan menentukan pula besaran manfaat (atau kalau di dunia asuransi di kenal dengan besarnya Uang Pertanggungan /UP).

Petugas BPJS Ketenagakerjaan memberikan informasi kepada calon peserta
Petugas BPJS Ketenagakerjaan memberikan informasi kepada calon peserta

Lebih lanjut Bambang menerangkan bahwa Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) merupakan jaminan yang memberikan kompensasi dan rehabilitasi bagi Pekerja yang mengalami kecelakaan pada saat mulai berangkat bekerja sampai tiba kembali ke rumah atau menderita penyakit yang berkaitan dengan pekerjaannya. Hal yang akan di cover dalam JKK ini meliputi biaya angkut, biaya pengobatan dan perawatan, sementara tidak mampu bekerja (STMB), penggantian gigi palsu, santunan cacat, santunan kematian, biaya rehabilitasi serta bantuan beasiswa. Hal hal tersebut syarat dan ketentuannya akan dijelaskan ketika calon peserta sudah mendaftarkan diri. Jaminan Kematian (JKM) diperuntukkan bagi ahli waris tenaga kerja peserta BPJS Ketenagakerjaan yang meninggal dunia bukan karena kecelakaan kerja.

Sedangkan Jaminan Hari Tua (JHT) merupakan program penghimpunan dana yang ditunjukkan sebagai simpanan yang dapat dipergunakan oleh peserta, terutama bila penghasilan yang bersangkutan berhenti karena berbagai sebab.

Usaha jemput bola dan sosialisasi BPJS ini di respon positif oleh para pedagang maupun pekerjaan mandiri dilingkungan pasar Comal. Langkah selanjutnya menurut Uun Setiadi, Kepala Cabang Pembantu BPJS ketenagakerjaan Pemalang menginformasikan “Setelah kegiatan di pasar Comal, Kami akan melakukan juga untuk kelompok nelayan maupun pekerja mandiri di sektor perikanan dan Kelautan, dalam waktu dekat akan melaksanakan di Tanjungsari berbarengan dengan pesta pesisir Sugiwaras.”(Red.HP/Sarwo Edy)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

four − one =