Pasca Bencana Banjir, Pemda Pemalang Keruk Sungai Srengseng

0
372
Kepala DPU Ir. Daryono CES di dampingi Kabid SDEM Sarinto, ST, MSi

Pemalang, Harian Pemalang – Banjir bandang yang mengakibatkan terendamnya beberapa wilayah di kelurahan Sugihwaras, Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah beberapa waktu yang mengakibatkan kerugian material dan inmaterial cukup besar. Hal ini membuat Pemda Pemalang segera melakukan antisipasi agar banjir semacam itu tidak terulang kembali di kampung nelayan Tanjungsari, Sugihwaras dengan cara normalisasi aliran sungai yang bermuara di Pelabuhan Tanjungsari.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Pemalang Daryono, ketika dikonfirmasi di lokasi pengerukan muara pelabuhan Tanjungsari mengatakan, “ketika terjadi banjir beberapa waktu, Bupati Pemalang H. Junaedi dan kami langsung meninjau lokasi di Tanjungsari, Kelurahan Sugihwaras kemudian melanjutkan mengecek semua bendungan yaitu bendungan Sukowati, bendungan Kaliwadas, dan bendungan Sungapan hasilnya normal. Dari hasil tersebut ditarik kesimpulan terjadi musibah banjir di kelurahan Sugihwaras dikarenakan curah hujan yang tinggi sehingga air tidak tertampung di sungai Srengseng dan akhirnya meluap. Hasil evaluasi kami, hal ini diakibatkan adanya pendangkalan Sungai yang yang aliran menuju muara pelabuhan Tanjungsari. Salah satu jalan untuk mengatasi hal ini, sungai harus segera dikeruk. Setelah itu segera melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulan Bencana Daerah Pemalang (BPBD) untuk menyiapkan konsepnya karena ini sebuah bencana”, paparnya.

Daryono juga menyampaikan setelah semua persyaratan administrasi disiapkan oleh BPBD selesai dan Bupati sudah menyetujui, DPU Pemalang segera melakukan pengerjaan pengerukan. “Perlu diketahui, sungai yang kita keruk ada di lima titik yaitu: muara kali Srengseng (200 m), Muara dan sepanjang Kali malang (1. 500 m), Sungai Banger (1. 600 m), Sungai Srengseng Hulu (1. 500 m), Sungai Krasak (1. 600 m) dengan anggaran yang disiapkan oleh Pemda Pemalang sebesar ± Rp 1,5 M dan ada juga pengerukan yang akan dikerjakan oleh Dinas Kelautan Dan Perikanan (DKP),” terangnya.

Rencana pengerukan di lima titik sungai di desa Sugihwaras dan Widuri
Rencana pengerukan di lima titik sungai di desa Sugihwaras dan Widuri

Terkait dengan normalisasi sungai tersebut, Kepala DPU
berharap volume air bisa tertampung di sungai sehingga tidak banjir atau meluap, serta menghimbau kepada semua komponen masyarakat, terutama masyarakat yang tinggal di kelurahan Sugihwaras, Kelurahan Kebondalem, Kelurahan Mulyoharjo, Kelurahan Pelutan dan kecamatan Pemalang pada Umumnya hendaklah menjaga sungai. Jangan membuang sampah ke sungai dikarenakan pendangkalan  sungai 40% dari sampah yang tertimbun.( Red HP /Joko Longkeyang)

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × 3 =