Fedep Pemalang, Mempromosikan Produk Unggulan Lewat Festival

0
249

Pemalang, Harian Pemalang – FEDEP (Forum for Economic Development and Employment Promotion) atau forum untuk pengembangan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja pada tingkat Kabupaten/Kota yang berorientasi pada program kemitraan terlembaga bagi para stakeholder di daerah yang relevan, bertujuan untuk mempercepat pembangunan ekonomi melalui usaha-usaha atau kegiatan bersama. Stakeholder tersebut terdiri dari unsur pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat termasuk asosiasi-asosiasi usaha, lembaga fasilitasi usaha dan LSM.

Dalam FEDEP, para stakeholder dapat secara aktif menyampaikan permasalahan, kebutuhan, keinginan, dan keprihatinan bersama, mengemukakan dan mendiskusikan ide-ide, serta bersama-sama menyusun strategi mengenai pembangunan daerah/pengembangan ekonomi lokal.

Secara umum fungsi Fedep adalah menjembatani/ mempertemukan pihak-pihak dari semua pemangku kepentingan (stakeholder) dalam pembangunan daerah/pengembangan ekonomi lokal, baik dari pihak pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat.

Menurut Elman Prasetyo, Fedep Pemalang terdiri dari 4 (empat) cluster (kelompok) yaitu cluster makanan olahan, cluster pariwisata terpadu , cluster konversi dan cluster pertanian terpadu. Semua cluster tersebut pada dasarnya saling bersinergi satu sama lainnya.

Banyak kegiatan yang telah dilaksanakan oleh setiap cluster dan sinergitas antar cluster diperlukan untuk mencapai tujuan agar produk makanan, pakaian, pertanian dan Pariwisata dapat dikenal oleh masyarakat Pemalang sendiri maupun secara nasional bahkan internasional.

Olahan bandeng, ogel-ogel, Sale pisang, vitanas, olahan nanas, telur asap, kerupuk bandeng merupakan contoh produk olahan makanan unggulan dari cluster makanan Olahan. Pada cluster konveksi, sangat menonjol produk ATBM (alat tenun bukan mesin) tenun goyor dan batik.

Cluster pertanian terpadu saat ini menitik beratkan pada beras sehat maupun beras organik. Cluster pariwisata terpadu saat ini menitik beratkan pada desa wisata. Banyak desa wisata yang mulai mengeliat dengan dukungan Fedep cluster pariwisata antara lain desa wisata kali prau, Cikendung, simadu, Penggarit, Mojo dan lain sebagainya.

Guna mengenalkan produk unggulan Pemalang yang terbagi dalam cluster tersebut, Fedep Pemalang aktif mengikuti pameran maupun festival-festival baik yang ada di Pemalang maupun di kota lainnya.

Beberapa Festival yang diikuti oleh Fedep Pemalang dalam rangka mempromosikan produk unggulan antara lain di festival Wong Gunung di Pulosari, Festival Pesisir Sugihwaras 2016 di Sugihwaras, Pemalang.

Ada beberapa Festival yang sudah di gagasan dan akan dilaksanakan, dimana Fedep akan ikut berpartisipasi antara lain Festival Mangga Desa Wisata Penggarit, 4-6 November 2016. Di bulan yang sama akan berpartisipasi di Festival Film Rakyat Internasional Indonesia Desa Wisata Kaliprau, Kecamatan Ulujami pada 15 – 19 November 2016. Di penghujung tahun 2016 akan di tutup dengan Festival Perahu Hias Kali Comal desa Mojo. (Red HP)

Penulis : Sarwo Edy
Editor : Reni Dewi Widyaningrum

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

eleven − 11 =