Keprihatinan Pengiat Seni Pedalangan Mencuat Di Silaturahmi Budaya Pemalang

0
154

Pemalang, Harian Pemalang – Dewan Kesenian Pemalang (DKP) mengadakan silaturahmi budaya di padepokan lintang Kemukus, minggu (23/10). Silaturahmi Budaya ini mengangkat tema “Dalang, Sinden, Pangrawit Pemalang Teng Pundi Ngge…?

Silaturahmi ini dikemas dengan gelaran budaya wayang golek dengan dalang Ki Dalang Umbul Winarno, dari Desa Kramat, Kecamatan Pemalang. Peserta dapat berinteraksi dengan dalang yang berfungsi sebagai mediator.

Silaturahmi Budaya ini dihadiri puluhan dalang, Sinden, Pangrawit dan penggiat seni budaya Jawa (lokal) dari seluruh kecamatan yang ada di Pemalang.

Dalam silaturrahmi ini, mencuat keprihatinan para seniman terhadap kondisi pagelaran seni tradisional terutama seni pedalangan. Menurut Winarno, kehidupan para dalang, Sinden maupun Pangrawit ataupun pekerja seni di Pemalang seperti mati suri. Tidak ada kegiatan yang terencana dengan baik dan tidak aktifnya kepengurusan Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Pemalang.

Hal ini juga disampaikan oleh sesepuh penggiat seni Pemalang, Kustoro Kaloka, berharap Pepadi yang mati suri,dapat bangkit kembali. Oleh karena itu perlu terobosan dan gebrakan, antara lain dipilihnya ketua dan pengurus Pepadi yang mumpuni serta punya dedikasi untuk memajukan seni pedalangan di Pemalang. Kustoro juga berharap adanya kegiatan budaya pedalangan misalnya festival dalang Pemalang.

Sedangkan menurut Andi Rustono selaku tuan rumah silaturahmi budaya ini, mengatakan, “Mulai ada geliat budaya di Pemalang, hal ini dapat dilihat antara lain adanya ruwat bumi, sedekah laut maupun desa wisata yang mulai banyak menyajikan seni budaya.” Lebih lanjut Andi menyatakan untuk mengeliatkan dan menonjolkan seni pedalangan di Pemalang, dalam memperingati Hari Ulang Tahun Pemalang mendatang akan mengadakan Festival Wayang.

Disamping itu juga perlunya regenerasi Dalang, Sinden maupun Pangrawit. Saat ini banyak dalang muda yang mulai bersinar misalnya Ki Mangun, Ki Sigit dari banglarangan, Ki Aditya dan Ki Wahyu dari Comal, Ki Mulyo dari Penggarit, serta Ki Surya Singocarito dari Taman. Disamping itu juga perlu memberi kesempatan bagi dalang dalang usia dini untuk ikut pentas di pagelaran wayang yang ada.

Dalam Silaturahmi Budaya ini para dalang, Sinden maupun Pangrawit berharap agar Andi Rustono mau menjadi ketua Pepadi Pemalang pada periode yang akan datang dan segera membenahi organisasi Pepadi ke arah lebih baik. (Red HP)

Penulis : Sarwo Edy
Editor : Reni Dewi Widyaningrum

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

fourteen − two =