Akp Prisandi Tiar, S.T., S.Kom. : Buat SKCK Gampang Dan Murah

0
199

Pemalang, Harian Pemalang – Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) merupakan salah satu dokumen yang harus dimiliki bagi pencari kerja. Atau beberapa kegiatan yang mengharuskan seseorang membawa SKCK. Apa saja persyaratan dan berapa biayanya kadang belum dimengerti dan dipahami oleh (khususnya) para pencari kerja dalam membuat SKCK.

Kepala Kepolisian Sektor Warungpring Resor Pemalang Polda Jawa Tengah Akp Prisandi Tiar, S.T., S.Kom. Senin (31/10) berkesempatan menjelaskan kepada pemohon Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) tentang Syarat-syarat untuk penerbitan SKCK di tingkat Polsek.

Akp Prisandi menjelaskan bahwa perlu dibawa saat penerbitan SKCK baru, surat yang harus dilengkapi oleh para pemohon SKCK yaitu Surat Pengantar dari Kantor Kelurahan sesuai KTP pemohon, fotocopy KTP/SIM sesuai dengan domisili yang tertera di Surat Pengantar dari Kantor Kelurahan, fotocopy Kartu Keluarga, fotocopy Akte Kelahiran, Pas Foto terbaru dan berwarna ukuran 4×6 sebanyak 4 lembar, selanjutnya pemohon Mengisi Formulir Daftar Riwayat Hidup yang telah disediakan di kantor Polisi dengan jelas dan benar.

Sedangkan untuk memperpanjang masa berlaku SKCK pemohon cukup membawa lembar SKCK lama yang asli/legalisir (Maksimal telah habis masanya selama 3 bulan), fotocopy KTP/SIM, fotocopy Kartu Keluarga, Pas Foto terbaru yang berwarna ukuran 4×6 sebanyak 3 lembar dan mengisi formulir perpanjangan SKCK yang disediakan di kantor Polisi.

Dikatakan lebih lanjut bahwa “ Tarif penerbitan SKCK adalah Rp. 10.000,- seperti tertuang pada UU RI No.20 Tahun 1997 tentang Penerimaan Bukan Pajak (PNBP), UU RI No.2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, PP RI No.50 Tahun 2010 tentang Tarif atas Jenis Penerimaan Bukan Pajak yang berlaku pada instansi Polri, dan Surat Telegram Kapolri Nomor : ST/1928/VI/2010 tanggal 23 Juni 2010 tentang Pemberlakuan PP RI No.50 Tahun 2010 untuk Seluruh biaya tersebut akan disetorkan kepada kas negara oleh Bendahara SKCK setiap harinya” Ujar Akp Prisandi.

Dengan penjelasan tersebut diharapkan para pemohon SKCK memahami dan mengerti biaya pembuatan SKCK yang ada di Kepolisian Khususnya di Polsek Warungpring.
(Red HP)

Penulis : Joko Longkeyang
Editor : Sarwo Edy

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

sixteen + 4 =