Ekspedisi  Ngonthel  Anyer –  Panarukan Komunitas Sepeda Tua Indonesia Gelorakan Patriotisme

0
207

Pemalang, Harian Pemalang -Komunitas Sepeda tua Indonesia (Kosti) Indonesia melakukan napak tilas dengan melakukan ekspedisi perjalanan sejauh 1.000 (seribu) km yang di mulai dari Anyer sampai Panarukan dengan menggunakan sepeda onthel.

Dalam malam ramah tamah di gedung SLB Pemalang, Rabu malam (2/11), Ari Bayashi koordinator wilayah (Korwil) Kosti Sidoarjo, ketua ekspedisi menyampaikan “Agenda ekspedisi  ngonthel  Anyer– Panarukan yang  menjadi  program  andalan  Sidoarjo, kini  menjadi  program  nasional yang  di  dukung  oleh Kosti Jawa Timur dan Kosti Pusat. Malam ini sampai di kabupetan Pemalang dengan selamat.”

Lebih lanjut Ari Bayashi menyampaikan team onthelis ekspedisi Anyer-Panarukan, diikuti oleh  20 (dua puluh)  peserta yang berasal dari  Sidoarjo, 2 (dua)  Road  Captain  dari  Kosti  Pusat,  4 (empat) peserta  dari Komunitas  KOBA Jakarta, Oseba  Jakarta  dan Pastugel  Tuban dan diperkuat dengan Formasi  team  Pendukung: 4 (empat)  orang, 1(satu)  mobil Strada  (sebagai tim Advance),  1 mobil  Pick  Up  L300 untuk Logistik.

Tim berangkat dari Sidoharjo, Kamis (27/10) menuju Anyer. Pada hari hari sumpah pemuda, Jum’at (28/8), tim ekspedisi ini mengadakan acara  Refleksi  Peringatan  Hari  Sumpah  Pemuda  dan  malam  do’a bersama untuk kesuksesan   team  Ekspedisi  Ngonthel  Anyer  –  Panarukan. Acara ini dihadiri oleh pengurus  Kosti  Pusat serta  Komunitas  Onthel  se-Banten Raya  dan DKI  Jakarta.

Mulai dari Tugu 0 km di Anyer, Sabtu (29 /10) Pukul 07.00  WIB, tim di lepas untuk menyusuri Jalan Daendels sepanjang 1000 km menuju Panarukan. “Ekspedisi  ini  akan berlangsung 12 (dua belas)  hari dan akan finish  di Panarukan pada Kamis, 10  November 2016. Semua   team  akan  menjadi  kontingen  kehormatan pada acara  sepeda  juang            Mojokerto – Surabaya pada tanggal 12 November 2016.” Pungkas Ari Bayashi.

Ketua Korwil Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti) Pemalang Teguh Yani Santoso, SP dalam sambutannya sangat aspresiasi terhadap ekspedisi ini. “Kosti pemalang sangat bangga kepada rekan-rekan Kosti yang melakukan perjalan ekspedisi Anyer-Panarukan, ini perjalanan sejarah yang mengingatkan kita akan kerja Rodi, kerja paksa yang diperintahkan oleh tentara Belanda di bawah pimpinan Daendels kepada nenek moyang kita Bangsa Indonesia untuk membuat jalan sepanjang 1000 km dari Anyer sampai Panarukan, untuk kepentingan Kolonial Belanda. Pada hari ini rekan-rekan Kosti dengan menggunakan sepeda onthel melakukan napak tilas,” papar Teguh.

Sementara itu Pemerintah Kabupaten Pemalang, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yang disampaikan oleh Drs. Sapardi menyampaikan “Selamat datang Tim ekpedisi Sepeda Onthle Anyer – Panarukan di Kabupaten Pemalang, ini adalah perjalanan sejarah untuk mengenang jasa nenek Moyang kita yang dipaksa kerja Rodi untuk membuat jalan sepanjang 1000km dari anyer sampai Panarukan dan sekaligus mengenang kekejaman Belanda yang di pimpin oleh Daendels agar dikemudian hari tidak terulang.”

Hal ini juga merupakan kegiatan pariwisata, di mana Pemda Pemalang sedang gencar-gencarnya mengangkat pariwisata dengan berbagai festival. Semoga ekspedisi ini dapat membangkitkan semangat nasionalisme dan patriotisme terhadap tanah air Indonesia.

Penulis : Joko Longkeyang
Editor : Sarwo Edy

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × five =